Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
* * * * * 2 votes

Tips Berwisata Saat Musim Dingin di Korea Selatan





  • Please log in to reply
31 replies to this topic

#1 Jalan2

Jalan2

    Administrator

  • Administrators
  • 3,571 posts
405
Excellent
  • Location:Indo & Singapore

Posted 14 January 2013 - 10:11 PM


Berhubung kemaren december saya ke korea selama 1 minggu, dingin banget. Pernah -15C + angin = -22C kata berita di tv. Musti bener2 siap deh kalo korea. Jauh lebih dingin daripada US, europe.

 

Bagi masyarakat yang tinggal di negara dua musim, melakukan travelling ke negara-negara empat musim merupakan hal yang baru dan membutuhkan persiapan ekstra. Terlebih lagi jika ingin melakukan wisata di musim dingin atau winter. Membayangkan dapat melihat, memegang, dan merasakan secara langsung butiran-butiran salju yang putih dan dingin -bukan lagi sekedar lewat foto maupun layar televisi- sudah pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

 

salju2.jpg
 

            Agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar dan penuh kesan, sebaiknya mempersiapkan dengan baik segala perlengkapan dan juga mencari informasi cuaca di tempat tujuan. Untuk Korea Selatan, suhu udara di musim dingin bervariasi. Berkisar antara -11 sampai 6 derajat celcius. Itupun masih bisa lebih dingin lagi ataupun lebih hangat. Hujan salju biasanya akan terjadi di awal-awal musim dingin. Berikut ini beberapa tips yang dapat berguna untuk melakukan perjalanan di Musim Dingin:

  1. Cuaca yang sangat dingin mengharuskan Anda untuk mengenakan pakaian khusus musim dingin seperti coat, mantel, syal, sarung tangan, kaos kaki lengkap dengan sepatu. Biasanya bagi kita yang tidak terbiasa dengan suhu udara di bawah 10 derajat, harus mempersiapkan diri dengan baju berlapis-lapis. Jumlah lapisan baju tergantung dengan ketahanan tubuh terhadap udara dingin dan jenis kainnya. Biasanya bisa tiga sampai lima lapis baju. Bahan dari wol dan kulit asli biasanya jauh lebih hangat dibanding jenis lainnya. Titik-titik terdingin terdapat pada telinga, hidung, leher, telapak tangan, dan kaki. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik agar dapat menikmati perjalan dengan nyaman.
     
  2. Seringkali kita mendapati orang Korea hanya menggunakan pakaian dua lapis yang tipis di musim dingin. Tapi jangan coba-coba diikuti karena suhu tubuh orang yang tinggal di daerah Tropis tidak terbiasa dengan hawa musim dingin. Lebih baik memakai baju berlapis-lapis daripada harus jatuh sakit karena kedinginan dan gagal menikmati liburan.
     
  3. Jika  waktu berkunjung Anda di awal musim dingin dan hujan salju sering turun, gunakan sepatu yang alasnya bergerigi. Ini akan memudahkan Anda untuk berjalan di atas salju yang licin sehingga tidak mudah terpeleset dan jatuh. Tidak harus menggunakan sepatu boots, sepatu olahraga dengan lapisan kaos kaki tebal sudah cukup hangat digunakan untuk berjalan-jalan. Usahakan sepatu yang digunakan cukup tebal atau tidak tembus air. Salju terlihat padat namun sebenarnya tidak berbeda jauh dengan es yang diserut sehingga bisa mencair dan merembes pada sepatu. Jika sepatu Anda tipis dan tembus air, lelehan salju bisa membuat kaki dan kaos kaki Anda basah sehingga berpotensi memicu masuk angin. Jika memang tidak ada sepatu anti air, akali dengan penggunaan kaos kaki yang tebal. Bisa dengan menggunakan dua lapis atau sesuai dengan kebutuhan.
     
  4. Untuk yang memiliki kulit cenderung kering dan sensitif, selalu gunakan pelembab wajah dan badan sebelum bepergian ke luar. Suhu udara yang rendah dapat membuat kulit Anda kering dan mengelupas. Meskipun Anda memakai pakaian berlapis-lapis dan tampak terlindungi, angin musim dingin mampu menembus kain hingga ke kulit. Biasanya bagian kulit yang paling sensitif adalah pergelangan kaki di atas mata kaki. Sediakan pula pelembab bibir yang akan membantu menjaga bibir tetap lembab.
     
  5. Penutup kepala seperti kupluk, earmuff (penutup telinga), dan sarung tangan tidak mutlak harus dimiliki. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kondisi badan Anda. Kalau Anda seorang yang rentan dengan cuaca dingin, ada baiknya dibawa untuk berjaga-jaga.
     
  6. Untuk perlengkapan pakaian musim dingin, sebenarnya tidak perlu membeli barang-barang baru. Terlebih lagi harganya pun tidaklah murah dan hanya sekali pakai karena perbedaan cuaca dengan Indonesia. Alternatif yang ada ialah membeli pakaian secondhand dengan kualitas yang masih bagus di Pasar barang bekas seperti Pasar Baru dan Pasar Senen. Meski pakaian bekas, namun biasanya jika pintar memilih Anda akan menemukan mantel atau coat dengan kualitas yang sangat baik. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan barang dengan harga yang sangat miring jika pandai memainkan seni tawar-menawar. Jangan lupa untuk dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.
     
  7. Jika tetap penasaran ingin menggunakan perlengkapan musim dingin komplet dengan harga murah dan baru, ada satu alternatif lain yaitu membelinya di Korea. Di saat peralihan musim dingin menuju musim semi biasanya semua pakaian dan perlengkapan musim dingin akan didiskon besar-besaran. Anda cukup mempersiapkan satu setel coat dari Indonesia dan berburu perlengkapan lainnya di Korea. Selain lebih murah, modelnya pun lebih lucu dan menarik. Jika benar-benar tidak ada dana, maka meminjam dari teman dan sanak keluarga adalah pilihan yang paling aman dan tentunya menghemat banyak dana.
     
  8. Di setiap penginapan selalu ada pemanas ruangan yang akan menghangatkan tubuh Anda dari cuaca dingin. Biasanya alat ini berbeda di setiap tempat. Ada yang alatnya terpasang di luar, ada pula yang berada di balik lantai. Jika pemanas ruangan tempat Anda menginap berada di balik lantai, maka model tempat tidur khas tradisional Korea yang biasa disebut ondol, akan menjadi pilihan yang tepat.
     
  9. Selalu sedia obat-obatan dalam tas Anda. Perbedaan cuaca yang ekstrem terkadang membuat tubuh Anda kaget dan jatuh sakit, terutama jika daya tahan tubuh sedang lemah. Obat-obatan untuk gejala flu, batuk dan pilek, demam, sakit kepala, masuk angin, dan kayu putih adalah obat yang wajib Anda bawa, di luar obat-obatan pribadi.
     
  10. Pastikan Anda nyaman dengan semua yang melekat di tubuh. Bagi yang bepergian sendiri tanpa travel, biasanya akan lebih banyak berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum sehingga harus benar-benar merasa nyaman. Pakaian serba tebal akan membuat Anda sedikit lebih sulit untuk bergerak karena berat.
     
  11. Sekembalinya ke Indonesia, sebagian orang biasanya mengalami permasalahan dengan kulit seperti kemerahan, gatal-gatal, mengelupas, dan lain-lain. Hal ini wajar karena perbedaan cuaca yang sangat ekstrem. Oleskan pelembab yang kelembabannya tinggi dua kali sehari untuk mengembalikan kulit Anda. Jika semakin parah dan ada indikasi iritasi segera periksakan ke dokter kulit.

sepatu boot.jpg


Selama anda masih bisa jalan jalan, pergilah ke tempat2 yg anda inginkan. Karena tidak ada yg tau masa depan.  (Selama kondisi anda memungkinkan)


#2 ulie

ulie

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 776 posts
33
Great

Posted 14 January 2013 - 10:32 PM

wow...nice tips, lengkap banget, oleh2 dari korea kemarin ya mas  :)

 

kalo pas musim dingin kayak gitu biasanya mengunjungi obyek wisata apa saja di sana mas?

 

trus kalo kembali tanah air, apa langsung mengalami ganguan kulitkah? ato cuma terjadi terhadap beberapa orang saja?



#3 Jalan2

Jalan2

    Administrator

  • Administrators
  • 3,571 posts
405
Excellent
  • Location:Indo & Singapore

Posted 15 January 2013 - 08:00 AM

wow...nice tips, lengkap banget, oleh2 dari korea kemarin ya mas  :)

 

kalo pas musim dingin kayak gitu biasanya mengunjungi obyek wisata apa saja di sana mas?

 

trus kalo kembali tanah air, apa langsung mengalami ganguan kulitkah? ato cuma terjadi terhadap beberapa orang saja?

 

Kulit saya sih kering banget disana, krn kan di bawah 0C trs, jadi humidity nya rendah / gak ada partikel air di udara lg, beku semua jadi kering kulit. Tiap hari pas disana musti pake lotion.

 

Pas winter bagus jg ke Ski Resort, nanti saya bahas deh :)


Selama anda masih bisa jalan jalan, pergilah ke tempat2 yg anda inginkan. Karena tidak ada yg tau masa depan.  (Selama kondisi anda memungkinkan)


#4 deffa

deffa

    Eyangnya Bertualang

  • Moderators
  • 21,561 posts
1,430
Exceptional
  • Location:Bandung

Posted 15 January 2013 - 08:53 AM

sempet kemana aja mas pas di seoul 


Jika hasrat untuk berwisata telah menghampiri anda maka pergi lah niscaya akan membawa kebahagiaan :D

 

Field Report : Krabi 18-21 FebruariBangkok 15-18 Februari 2014 | Kuala Lumpur 13-15 Februari 2014 | 

                       Singapura 19-22 September 2013 | Pattaya 22-24 April 2013 | Bali 2-4 Februari 2013 | 

                        Phuket 3-6 Desember 2012

Web : Jalan2.com

Blogger : Deffa Blog

Wordpress : Deffa Wordpress

Twitter : @Jalan2com | @Deffa_Utama | @BoysNRoot 

 


#5 Jalan2

Jalan2

    Administrator

  • Administrators
  • 3,571 posts
405
Excellent
  • Location:Indo & Singapore

Posted 15 January 2013 - 09:00 AM

sempet kemana aja mas pas di seoul 

 

wah banyak jg, soalnya saya di sana 4 hari. nanti saya bikin topic yg laen tentang objek disana :D


Selama anda masih bisa jalan jalan, pergilah ke tempat2 yg anda inginkan. Karena tidak ada yg tau masa depan.  (Selama kondisi anda memungkinkan)


#6 rutevand

rutevand

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 39 posts
1
Good

Posted 15 January 2013 - 09:57 AM

pas musim dingin gitu, harga penginapan dan harga makanan disana jadi mahal gak sih mas? mana tau, karena emang momennya ngebuat wisatawan asing seperti wisatawan indonesia ini kesana, dia jadi anggap itu sebagai peak season dengan artian bisa seenaknya naikin harga



#7 zeekyuryu

zeekyuryu

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,214 posts
140
Excellent
  • Location:cibubur, depok

Posted 15 January 2013 - 12:05 PM

saya kalo liat orang asli korea aja musim dingin begini kedinginan banget apalagi kita ya yg biasa di daerah tropis... kalo gt berarti persiapan barang bawaan pasti jadi lebih banyak kan? secara baju banyak plus coat atau jaket yang pasti juga tebal... wah ribet deh bawa banyak2.. ada tips nya ga mas? 


mari berbagi cerita bersama @zeekyuryu


#8 Jalan2

Jalan2

    Administrator

  • Administrators
  • 3,571 posts
405
Excellent
  • Location:Indo & Singapore

Posted 16 January 2013 - 11:43 PM

pas musim dingin gitu, harga penginapan dan harga makanan disana jadi mahal gak sih mas? mana tau, karena emang momennya ngebuat wisatawan asing seperti wisatawan indonesia ini kesana, dia jadi anggap itu sebagai peak season dengan artian bisa seenaknya naikin harga

 

seharusnya sih tetap sama, tapi katanya sayuran lebih mahal di resto soalnya susah cari sayur, beku semua hehe..

 

di tempat2 turis banyak yg malak, musti hati2. banyak yg ga pasang harga pas, dia asal2 pasang harga..

 

ada 1 baju korea asli, made in korea, ada gambar objek nya gitu yg harganya 15,000 won ( rp 150,000 ) , dia mau jual 60,000 = 600,000. wah gila2 an

 

makanan jg fish cake di sate gitu 3000 won, padahal aturannya 1,000 won ( rp 10,000 )

 

Meski ga semuanya, musti hati2 :D


Selama anda masih bisa jalan jalan, pergilah ke tempat2 yg anda inginkan. Karena tidak ada yg tau masa depan.  (Selama kondisi anda memungkinkan)


#9 Jalan2

Jalan2

    Administrator

  • Administrators
  • 3,571 posts
405
Excellent
  • Location:Indo & Singapore

Posted 16 January 2013 - 11:45 PM

saya kalo liat orang asli korea aja musim dingin begini kedinginan banget apalagi kita ya yg biasa di daerah tropis... kalo gt berarti persiapan barang bawaan pasti jadi lebih banyak kan? secara baju banyak plus coat atau jaket yang pasti juga tebal... wah ribet deh bawa banyak2.. ada tips nya ga mas? 

 

bawa koper yg GEDE hehe.. sweater, jacket makan tempat


Selama anda masih bisa jalan jalan, pergilah ke tempat2 yg anda inginkan. Karena tidak ada yg tau masa depan.  (Selama kondisi anda memungkinkan)


#10 Dyla78

Dyla78

    Tidak Baru Lagi

  • Members
  • PipPip
  • 104 posts
8
Good

Posted 17 January 2013 - 12:11 AM

bawa koper yg GEDE hehe.. sweater, jacket makan tempat

 

wah kalo bawa koper yang gede tambah ongkos bagasi di pesawat ya mas...hehehe..

 

kalo misalnya ke korea selatannya pas bulan Juli-Agustus itu pas musim panas ya? kira2 cuacanya nyaman ngga ya? bulan2 tersebut kan bulan liburan musim panas ya?



#11 Jalan2

Jalan2

    Administrator

  • Administrators
  • 3,571 posts
405
Excellent
  • Location:Indo & Singapore

Posted 21 January 2013 - 10:43 AM

wah kalo bawa koper yang gede tambah ongkos bagasi di pesawat ya mas...hehehe..

 

kalo misalnya ke korea selatannya pas bulan Juli-Agustus itu pas musim panas ya? kira2 cuacanya nyaman ngga ya? bulan2 tersebut kan bulan liburan musim panas ya?

 

 

tidak, selama di bawah 20 kg :)

 

Summer itu Panas bgt bisa ampe 40 an


Selama anda masih bisa jalan jalan, pergilah ke tempat2 yg anda inginkan. Karena tidak ada yg tau masa depan.  (Selama kondisi anda memungkinkan)


#12 alexandri

alexandri

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 420 posts
8
Good

Posted 21 January 2013 - 10:19 PM

tidak, selama di bawah 20 kg :)

 

Summer itu Panas bgt bisa ampe 40 an

 

panas banget bisa ampe 40 mas. berasa ada di jakarta kalo panas segitu. tapi mungkin panasnya ga bikin gerah kali ya? jadi masih ada angin. kalo jlan2 pake sendal kaki saya suka belang kalo panas2 :lol:



#13 arief

arief

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 293 posts
27
Great

Posted 22 January 2013 - 09:02 PM

di pasar baru sama di pasar senen ada juga ya baju2 second seperti ini?

baru tahu saya Om :)



#14 mone

mone

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,907 posts
100
Excellent
  • Location:Cilegon, Banten

Posted 14 March 2013 - 08:36 PM

Wahh field report udah d bikin belum mas dari mulai keberangkatan, pengen tau banget mas, secara kalo k korea tujuan paling pertama dalam list sebener'y trutama pas musim dingin. Pengen liat foto2'y juga mas pas lagi d korea, truz juga tempat wisata biasa tetep buka normal kan mas walaupun pas winter.


Segala hal yang ada di dunia ini akan bisa tercapai, asalkan jangan pernah menyerah untuk menggapai'y.

 

follow me at twitter @staysame

add me at path Raymond Kim

add me at instagram Raymond Kim

add me at facebook mone kim lupin

B)


#15 tiara

tiara

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 512 posts
44
Great

Posted 27 March 2013 - 02:15 PM

tidak, selama di bawah 20 kg :)

 

Summer itu Panas bgt bisa ampe 40 an

ekstrim juga ya cuaca bisa dari -15 derajat - 40 derajat waw....



#16 spiderman

spiderman

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 13 posts
1
Good

Posted 25 April 2013 - 02:49 PM

trimakasih info nya, bagus nih lengkap.

kalau yang baju berlapis-lapis, ini juga tergantung dari bahannya. kalau lapis 4 tapi bahannya katun/ linen ini sama aja tidak menghangatkan.

pilih yang bahan campuran wool (kalau wool 100% lebih hangat, tapi lebih mahal) atau kasmir atau yang harganya lebih murah adalah bahan fleece.

 

tipsnya pakai baju ini di lapisan tengah, jadi bisa diulang2 pemakaiannya tidak perlu langsung cuci sekali pakai.

 

untuk kaki, pakai legging di dalam jeans.



#17 Ayu Merriandari

Ayu Merriandari

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 316 posts
78
Superb
  • Location:Ciganjur - Jakarta Selatan

Posted 04 July 2013 - 03:46 AM

Mau share jg ah beberapa pengalaman waktu ke korea pas winter yg kalau siang suhunya -15 drajat dan kalau malam -25drajat :( :

1. Gak usah beli sepatu boots di Indo, selain mahal, disana jg bakalan tembus dinginnya, pengalaman aku dari Indo pake sepatu kets yg tahan air+kaoskaki wool, sampai disana jalan2 ke subwaynya banyak yg jual sepatu boots 5000 - 10.000 won alias cuman 45rb-90rb rupiah ajah! Dan bener2 angeth gak tembus dinginnya.

2. Bawa longjhon, baju lapisan untuk dalaman yg mayan hangat.

3. Jgn bawa perlengkapan kosmetik dalam bentuk cair, karena pasti bakalan beku, untuk lipbalm bawa ajah yg bentuk stick, untuk body lotion bawa yg bentuk cream lebih mudah buat di apply ke kulit.

4. Bawa obat2an yg membantu menghangatkan tubuh, macem koyo or tolak angin cair, mayan bikin badan gak masuk angin apalagi kembung :)

5. Untuk sarung tangan, disarankan bawa yg kulit, karena lebih hangat. Bawa juga masker hidung dan mulut, karena saat angin dingin berhembus itu bikin susah nafas :(

6. Untuk yg perempuan, gak usah bawa jeans, selain berat jg bikin tambah dingin. Bawa ajah legging2 yg berbahan tebal syukur2 dari wool. Pengalaman aku, sempat beli stoking tebal di korea di pasar malam daerah hongik 10.000 won 3 pcs, di mangga dua juga ada, tapi 60rb rupiah 1 pasangnya. Dan untuk legging tebal disana dibandrol 5000 won spasangnya, di mangga dua skitar 100rb-150rb rupiah.

7. Untuk jaket, better bawa yg 1 jaket punya 2 lapisan, lapisan yg hangat bagian dalam dan lapisan windbreaker diluarnya, biasanya jaket2 untuk hiking gunung yg banyak sperti ini, terakhir cek merek avtech punya sperti ini. Untuk jaket lainnya dengan isi bulu angsa jg bisa membantu, cuman gak nahan sama tebalnya yg bisa makan banyak tempat dalam koper :(

Mungkin itu dulu tambahan infonya, BTW, mnurut aku, salju itu GAK DINGIN, yg bikin dingin itu ANGINNYA, sumpah anginnya jahat banget bikin suhu drop and bikin kulit pecah2 sampe berdarah2, hiks :(

#18 Jalan2

Jalan2

    Administrator

  • Administrators
  • 3,571 posts
405
Excellent
  • Location:Indo & Singapore

Posted 04 July 2013 - 10:29 AM

@Ayu Merriandari iya bener bisa -25 ngeri bgt. terus terang saya kapok gak mau ke korea lagi kalo winter hahah.. spring / summer ok lah wkwkwk...


Selama anda masih bisa jalan jalan, pergilah ke tempat2 yg anda inginkan. Karena tidak ada yg tau masa depan.  (Selama kondisi anda memungkinkan)


#19 Gabriel Lim

Gabriel Lim

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 1 posts
0
Neutral
  • Location:Jakarta

Posted 04 August 2013 - 07:41 PM

saya minta saran ya.. :senyum saya juga mau ke Korea tahun depan bulan Februari jadi..

1. kira-kira jaket windbreaker apa yang bagus?

2. apa saya harus membeli boots di Korea? atau saya bisa beli boots import korea?

3. apa pelembab wajah harus di bawa jika kulit wajah saya berminyak?



#20 papirubia

papirubia

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,047 posts
107
Excellent
  • Location:Jakarta

Posted 04 August 2013 - 07:50 PM

nice share min, next time pengen juga kesini 




0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D