Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
* * * * * 1 votes

Backpacker-an Murah Meriah ke Pulau Lombok





  • Please log in to reply
55 replies to this topic

#1 Banyusmom

Banyusmom

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 609 posts
142
Excellent

Posted 18 January 2013 - 01:18 PM


Berbicara tentang liburan ke Pulau Lombok biasanya di identikkan seseorang dengan sebuah liburan super mahal dengan segala aktifitas lautnya yang serba membutuhkan biaya. Namun, tau nggak sih, kalau ternyata kalangan backpacker pun bisa menikmati pulau yang satu ini dengan perjalanan yang super hemat dan tak kalah menyenangkannya?

 

Pulau yang terkenal dengan pantai-pantai indahnya ini saat ini memang sedang menjadi buah bibir banyak orang. Bahkan pesona Pulau Bali yang dulu tak tertandingi sebagai obyek wisata paling favorit dan paling mahal di wilayah Indonesia itu, perlahan-lahan mulai tergeser oleh keberadaan pulau yang semakin hari semakin membuat hasrat para wisatawan tak bisa berpaling dari padanya ini. So, bagaimana donk agar kita pun bisa menikmati Pulau Lombok meskipun dengan budget yang terbatas? Simak tips di berikut:

 

Umumnya, para wisatawan yang akan menuju ke Pulau Lombok mencapai tempat ini dengan menyeberang dari Pulau Bali. Untuk anda para budget traveler, biar lebih hemat, disarankan untuk melakukan perjalanan menggunakan KA karena biaya jelas akan lebih irit. Jika anda datang dari arah Jakarta, perjalanan bisa anda mulai dari dua arah, yaitu menggunakan jalur utara atau jalur selatan. Kedua jalur tersbut sama-sama menawarkan biaya yang hemat.

 

Stasiun Tanjung Priok merupakan titik awal perjalanan anda jika anda memilih jalur utara sebagai pilihan. Kereta Api Kertajaya biasanya berangkat dengan jadwal keberangkatan pukul setengah 3 sore menuju ke Stasiun Pasar Turi. Sedangkan anda yang memilih jalur selatan, bisa dimulai dari Stasiun Jakarta Kota dengan menggunakan KA Gaya Baru. Untuk jalur selatan ini, anda akan turun di Stasiun Gubeng Surabaya. Waktu tempuh menggunakan KA dari Jakarta ke Surabaya memakan waktu kira-kira 16 jam perjalanan. Cukup melelahkan memang, namun sebanding dengan apa yang akan bisa anda dapatkan di Pulau Lombok yang terkenal sangat eksotis itu.

 

Dari Surabaya, perjalanan bisa anda lanjtkan ke Denpasar. Jika jalur utara yang anda pilih, maka harus menuju Stasiun Gubeng dulu dengan menggunakan angkutan umum berwarna hijau yang tarifnya kemungkinan jika belum naik sekitar 4 ribu rupiah saja. Setelah itu, anda mungkin harus menunggu beberapa saat untuk KA Mutiara Timur yang akan membawa anda menuju ke Banyuwangi, dimana dari kota tersebut anda bisa langsung menyeberang ke Denpasar menggunakan bus dengan biaya sekitar Rp. 150.000,-.

 

Sesampainya di Denpasar, barulah anda bisa menuju Pelabuhan Padang Bai. Dan untuk bisa dengan cepat tiba di sana, anda perlu menumpang bus dari arah Gilimanuk menuju ke Padang Bai dengan tariff sekitar 40 ribu rupiah. Lalu, dari Padang Bai, perjalanan akan anda lanjutkan ke Mataram melewati pelabuhan Lembar kira-kira sekitar 5 jam perjalanan.

 

Saat sampai di Mataram, anda sudah bisa bernafas lega, karena dari tempat inilah anda bisa memulai mengeksplorasi Pulau Lombok secara keseluruhan. Selain bisa menjadikan tempat yang satu ini sebagai persinggahan sementara anda karena berbagai hotel kelas backpacker banyak ditawarkan di sana, anda pun bisa menjadikan mataram sebagai base camp anda selama melakukan perjalanan menjelajah pulau indah yang satu ini.

 

Untuk menghemat aktifitas perjalanan anda mengeksplorasi berbagai tempat wisata yang ada di Pulau Lombok, anda bisa memanfaatkan jasa persewaan motor yang akan lebih mudah membawa anda menuju ke lokasi-lokasi wisata yang terkadang banyak yang menyuguhkan jalan-jalan ke arah pantai yang agak rumit. Jika kebetulan anda datang berdua bersama dengan seorang teman, maka perjalanan anda bisa lebih menyenangkan, dan tentu saja hemat, mengingat anda bisa share biaya penginapan untuk 2 orang. Dan, jika anda datang sendiri, jangan lupa untuk selalu membawa peta kemanapun anda pergi. Meskipun, keramahan warga setempat akan selalu siap membantu setiap wisatawan yang mengalami kesulitan, namun peta tetap akan lebih memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam setiap perjalanan anda.

 

Biaya hemat perjalanan bisa pula anda siasati dengan memilih sebuah penginapan yang memiliki akses mudah ke berbagai tempat wisata. Mengingat, banyaknya obyek-obyek wisata yang ada di sepanjang jalan dari Mataram menuju Gili Trawangan, maka anda perlu memilih hotel murah yang ada di sepanjang jalan tersebut. Beberapa contoh, anda bisa memilih Oka Home Stay yang berada di Jalan Repatmaja Cakranegara atau Wisma Nusantara II yang ada di Jalan Beo, Cakranegara. Untuk penginapan yang terbilang lebih nyaman dan mewah dari kedua tempat tersebut, ada diantaranya Bidari Hotel, Giri Hotel Lombok, atau juga Graha Ayu Hotel. Tarif dari semua hotel itu rata-rata hanya di bawah 100 ribu rupiah saja per malamnya.

 

Sementara untuk urusan menyewa motor, anda pun tak perlu merasa khawatir, banyak sekali jasa persewaan yang ditawarkan di seputaran kota Mataram, salah satu yang terbaik bisa anda dapatkan di sekitar belakang Hotel Lombok Plaza, tepatnya di Jalan Gelatik, Cakranegara, yang hanya menawarkan tariff 50 ribu rupiah untuk motor manual, serta 60 ribu rupiah saja per hari untuk motor matic.

 

Bagaimana, benar-benar hemat kan liburan anda ke Pulau Lombok kali ini?

 



#2 deffa

deffa

    Eyangnya Bertualang

  • Moderators
  • 22,275 posts
1,470
Exceptional
  • Location:Bandung

Posted 18 January 2013 - 01:26 PM

nice tips nya

lengkap plus budget nya :D


Jika hasrat untuk berwisata telah menghampiri anda maka pergi lah niscaya akan membawa kebahagiaan :D

 

Field Report : Krabi 18-21 FebruariBangkok 15-18 Februari 2014 | Kuala Lumpur 13-15 Februari 2014 | 

                       Singapura 19-22 September 2013 | Pattaya 22-24 April 2013 | Bali 2-4 Februari 2013 | 

                        Phuket 3-6 Desember 2012

Web : Jalan2.com

Blogger : Deffa Blog

Wordpress : Deffa Wordpress

Twitter : @Jalan2com | @Deffa_Utama | @BoysNRoot 

 


#3 mingke

mingke

    Tidak Baru Lagi

  • Members
  • PipPip
  • 73 posts
3
Good

Posted 19 January 2013 - 08:36 PM

naik mutiara timur nyampe denpasar mungkin terlalu mahal, 150 ribu. saran aja sih, dari gubeng bisa naik kereta ekonomi ke banyuwangi, biayanya sekitar 20 ato 30 ribu, sori lupa namanya. trus, nyeberang ke gilimanuk habis 6 ribu. dari situ lanjut ke denpasar naek bus kalau nggak salah 25 ribu.


tapi mungkin ini mas bro mempertimbangkan waktu kali ya... kok ampe milih KA Mutiara Timur.



#4 daki tapir

daki tapir

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 241 posts
19
Great
  • Location:bekasi-jatinangor

Posted 25 January 2013 - 09:48 PM

saya juga pernah backpacker ke lombok tapi dari bandung, sekitar bulan september 2012 lalu karena ada jambore fotografi mahasiswa di sana. klo dari bandung naik kereta ekonomi kahuripan dari st kiaracondong turun di st lempuyangan. dari lempuyangan naik kereta lagi ke banyuwangi sri tanjung. biaya naik kereta ekonomi sekali jalan 35ribu. dan perjalanan selanjutnya sama kayak bro ceritain dari padang bai sampai mataram. cuma mau share aja klo udah sampai lembar biasanya kita "WAJIB" naik mobil sewaan yg ada dipelabuhan lebar, kata temen ane sih orang situ yg nguasain, jadi klo ada kendaraan dari luar pelabuhan lembar mesti bayar jatah ke mereka.  CMIIW. 



#5 tiara

tiara

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 512 posts
44
Great

Posted 22 February 2013 - 03:34 PM

namanya juga backpakeran ya, tapi baru baca dari thread mba saja sepertinya sesampainya di Lombok sudah capek duluan ya mba...karena lumayan lama di perjalanannya :D



#6 kuli_tinta

kuli_tinta

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 2 posts
0
Neutral
  • Location:Indonesia

Posted 03 March 2013 - 01:47 PM

wah..sayang bgt baru baca nih. baru aja dr lombok bulan kemaren. 

kemaren ga tau dimana tempat sewa motor, padahal nginep di cakranegara juga, jd ga banyak muterin mataram dan sekitarnya :wacko:

 

nama tempat sewa motornya apa bro? kalo bisa sih sekalian ada contactnya, siapa tahu kesana lagi lain kali :huh:



#7 ryaryuu

ryaryuu

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 728 posts
102
Excellent
  • Location:jakarta

Posted 04 March 2013 - 03:20 PM

mmm....

 

jadi total untuk transportasi itu bolak balik sekitar Rp. 500.000 gak kalo dari pulau jawa ?

 

hihihi. saya pake pesawat promo aja ke bali, terus dari bali nyebrang aja deh pake ferry/boat yang murah ke lombok. kalo tidur sih bisa dimana saja.


@ryaryuu


#8 daki tapir

daki tapir

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 241 posts
19
Great
  • Location:bekasi-jatinangor

Posted 04 March 2013 - 07:40 PM

mmm....

 

jadi total untuk transportasi itu bolak balik sekitar Rp. 500.000 gak kalo dari pulau jawa ?

 

hihihi. saya pake pesawat promo aja ke bali, terus dari bali nyebrang aja deh pake ferry/boat yang murah ke lombok. kalo tidur sih bisa dimana saja.

tapi gk enaknya klo pake pesawat promo berangkatnya gk bisa kita yg nentuin, harus sesuai sama jadwal promo yg ditentuin maskapai. beda sama klo pake jalur darat bisa berangkat kapan aja.



#9 Banyusmom

Banyusmom

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 609 posts
142
Excellent

Posted 08 March 2013 - 11:43 AM

Berbicara tentang liburan ke Pulau Lombok biasanya di identikkan seseorang dengan sebuah liburan super mahal dengan segala aktifitas lautnya yang serba membutuhkan biaya. Namun, tau nggak sih, kalau ternyata kalangan backpacker pun bisa menikmati pulau yang satu ini dengan perjalanan yang super hemat dan tak kalah menyenangkannya?

pulau lombok1.jpg

Pulau yang terkenal dengan pantai-pantai indahnya ini saat ini memang sedang menjadi buah bibir banyak orang. Bahkan pesona Pulau Bali yang dulu tak tertandingi sebagai obyek wisata paling favorit dan paling mahal di wilayah Indonesia itu, perlahan-lahan mulai tergeser oleh keberadaan pulau yang semakin hari semakin membuat hasrat para wisatawan tak bisa berpaling dari padanya ini. So, bagaimana donk agar kita pun bisa menikmati Pulau Lombok meskipun dengan budget yang terbatas? Simak tips di berikut:

 

Umumnya, para wisatawan yang akan menuju ke Pulau Lombok mencapai tempat ini dengan menyeberang dari Pulau Bali. Untuk anda para budget traveler, biar lebih hemat, disarankan untuk melakukan perjalanan menggunakan KA karena biaya jelas akan lebih irit. Jika anda datang dari arah Jakarta, perjalanan bisa anda mulai dari dua arah, yaitu menggunakan jalur utara atau jalur selatan. Kedua jalur tersbut sama-sama menawarkan biaya yang hemat.

 

Stasiun Tanjung Priok merupakan titik awal perjalanan anda jika anda memilih jalur utara sebagai pilihan. Kereta Api Kertajaya biasanya berangkat dengan jadwal keberangkatan pukul setengah 3 sore menuju ke Stasiun Pasar Turi. Sedangkan anda yang memilih jalur selatan, bisa dimulai dari Stasiun Jakarta Kota dengan menggunakan KA Gaya Baru. Untuk jalur selatan ini, anda akan turun di Stasiun Gubeng Surabaya. Waktu tempuh menggunakan KA dari Jakarta ke Surabaya memakan waktu kira-kira 16 jam perjalanan. Cukup melelahkan memang, namun sebanding dengan apa yang akan bisa anda dapatkan di Pulau Lombok yang terkenal sangat eksotis itu.

 

Dari Surabaya, perjalanan bisa anda lanjtkan ke Denpasar. Jika jalur utara yang anda pilih, maka harus menuju Stasiun Gubeng dulu dengan menggunakan angkutan umum berwarna hijau yang tarifnya kemungkinan jika belum naik sekitar 4 ribu rupiah saja. Setelah itu, anda mungkin harus menunggu beberapa saat untuk KA Mutiara Timur yang akan membawa anda menuju ke Banyuwangi, dimana dari kota tersebut anda bisa langsung menyeberang ke Denpasar menggunakan bus dengan biaya sekitar Rp. 150.000,-.

 

Sesampainya di Denpasar, barulah anda bisa menuju Pelabuhan Padang Bai. Dan untuk bisa dengan cepat tiba di sana, anda perlu menumpang bus dari arah Gilimanuk menuju ke Padang Bai dengan tariff sekitar 40 ribu rupiah. Lalu, dari Padang Bai, perjalanan akan anda lanjutkan ke Mataram melewati pelabuhan Lembar kira-kira sekitar 5 jam perjalanan.

pulau lombok2 mataram.jpg

Saat sampai di Mataram, anda sudah bisa bernafas lega, karena dari tempat inilah anda bisa memulai mengeksplorasi Pulau Lombok secara keseluruhan. Selain bisa menjadikan tempat yang satu ini sebagai persinggahan sementara anda karena berbagai hotel kelas backpacker banyak ditawarkan di sana, anda pun bisa menjadikan mataram sebagai base camp anda selama melakukan perjalanan menjelajah pulau indah yang satu ini.

pulau lombok3.jpg

Untuk menghemat aktifitas perjalanan anda mengeksplorasi berbagai tempat wisata yang ada di Pulau Lombok, anda bisa memanfaatkan jasa persewaan motor yang akan lebih mudah membawa anda menuju ke lokasi-lokasi wisata yang terkadang banyak yang menyuguhkan jalan-jalan ke arah pantai yang agak rumit. Jika kebetulan anda datang berdua bersama dengan seorang teman, maka perjalanan anda bisa lebih menyenangkan, dan tentu saja hemat, mengingat anda bisa share biaya penginapan untuk 2 orang. Dan, jika anda datang sendiri, jangan lupa untuk selalu membawa peta kemanapun anda pergi. Meskipun, keramahan warga setempat akan selalu siap membantu setiap wisatawan yang mengalami kesulitan, namun peta tetap akan lebih memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam setiap perjalanan anda.

 

Biaya hemat perjalanan bisa pula anda siasati dengan memilih sebuah penginapan yang memiliki akses mudah ke berbagai tempat wisata. Mengingat, banyaknya obyek-obyek wisata yang ada di sepanjang jalan dari Mataram menuju Gili Trawangan, maka anda perlu memilih hotel murah yang ada di sepanjang jalan tersebut. Beberapa contoh, anda bisa memilih Oka Home Stay yang berada di Jalan Repatmaja Cakranegara atau Wisma Nusantara II yang ada di Jalan Beo, Cakranegara. Untuk penginapan yang terbilang lebih nyaman dan mewah dari kedua tempat tersebut, ada diantaranya Bidari Hotel, Giri Hotel Lombok, atau juga Graha Ayu Hotel. Tarif dari semua hotel itu rata-rata hanya di bawah 100 ribu rupiah saja per malamnya.

 

Sementara untuk urusan menyewa motor, anda pun tak perlu merasa khawatir, banyak sekali jasa persewaan yang ditawarkan di seputaran kota Mataram, salah satu yang terbaik bisa anda dapatkan di sekitar belakang Hotel Lombok Plaza, tepatnya di Jalan Gelatik, Cakranegara, yang hanya menawarkan tariff 50 ribu rupiah untuk motor manual, serta 60 ribu rupiah saja per hari untuk motor matic.

 

Bagaimana, benar-benar hemat kan liburan anda ke Pulau Lombok kali ini?



#10 mone

mone

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,937 posts
102
Excellent
  • Location:Cilegon, Banten

Posted 08 March 2013 - 01:26 PM

Ada yang rencana mau kesini gakk,.

biar bisa brg"...


Segala hal yang ada di dunia ini akan bisa tercapai, asalkan jangan pernah menyerah untuk menggapai'y.

 

follow me at twitter @staysame

add me at path Raymond Kim

add me at instagram Raymond Kim

add me at facebook mone kim lupin

B)


#11 alisiya

alisiya

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 1 posts
0
Neutral

Posted 10 March 2013 - 08:42 PM

nice info, kapan ya bisa ke sini :D :)



#12 fadillah1388

fadillah1388

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 1 posts
0
Neutral

Posted 16 March 2013 - 05:07 PM

Ada yg mau join gk? aku berangkat tgl 31 maret ke lombok neyh dpet tiket promo garuda 700 PP dr jakarta , cari temen biar rame ;)



#13 Arif jalan-jalan

Arif jalan-jalan

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 2 posts
0
Neutral
  • Location:Jogja

Posted 17 March 2013 - 01:57 AM

okeoke, keren sekali, i will go to there.



#14 @eugboni

@eugboni

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 4 posts
1
Good
  • Location:jakarta

Posted 17 April 2013 - 12:54 PM

wih asik infonya



#15 dzerox

dzerox

    Tidak Baru Lagi

  • Members
  • PipPip
  • 110 posts
12
Great
  • Location:Kuala Lumpur , Malaysia.

Posted 25 April 2013 - 10:19 PM

Wahhh thank infonya gang.... Saya akan ke bali tanggal 28 jun - 3 julai, than terus ke lombok by lion air sampai 6 julai.. Than 6 julai kembali ke bali utk flight ke kuala lumpur..Solo backpacker.. Masih buntu tentang tempat2 wisatanya.. Di lombok ada menyediakan sewa motor bersama permandu ker?... May be ada rakan2 yg boleh bantu jadi tour guidenya.. Insyaallah saya akan memberi sedikit bayaran perhari utk anda.. Yg penting saya dpt explore lombok ... If ada pls email me at [email protected]. Thank yaaaa...

#16 hobijalan2poto2

hobijalan2poto2

    www.olweslak.com

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,792 posts
203
Excellent
  • Location:jogja

Posted 26 April 2013 - 05:01 PM

wah keren ni.. jadi bisa tau jelas planning kesana butuh berapa duit buat kesana :D

 

 

 

cuma mau share aja klo udah sampai lembar biasanya kita "WAJIB" naik mobil sewaan yg ada dipelabuhan lebar, kata temen ane sih orang situ yg nguasain, jadi klo ada kendaraan dari luar pelabuhan lembar mesti bayar jatah ke mereka.  CMIIW. 

kok ngeri tapi ini ya? kayak preman gituuu...

 

 

hmmm.. kira2 kalo kesana apa ya yg perlu diwaspadai?



#17 papirubia

papirubia

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,047 posts
107
Excellent
  • Location:Jakarta

Posted 26 April 2013 - 05:40 PM

asik bnerr neh mumer gnih

#18 daki tapir

daki tapir

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 241 posts
19
Great
  • Location:bekasi-jatinangor

Posted 26 April 2013 - 09:34 PM

wah keren ni.. jadi bisa tau jelas planning kesana butuh berapa duit buat kesana :D

 

 

 

kok ngeri tapi ini ya? kayak preman gituuu...

 

 

hmmm.. kira2 kalo kesana apa ya yg perlu diwaspadai?

kemaren sih pas kesana emang gitu, jadi di pelabuhan itu dimonopoli katanya sih modelnya kayak koperasi gitu. yg penting bisa jaga diri & barang bawaan itu udah cukup kayaknya hati" juga klo ama calo" dipelabuhan seandainya lewat jalur laut. kadang" suka maksa.



#19 hobijalan2poto2

hobijalan2poto2

    www.olweslak.com

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,792 posts
203
Excellent
  • Location:jogja

Posted 26 April 2013 - 10:35 PM

kemaren sih pas kesana emang gitu, jadi di pelabuhan itu dimonopoli katanya sih modelnya kayak koperasi gitu. yg penting bisa jaga diri & barang bawaan itu udah cukup kayaknya hati" juga klo ama calo" dipelabuhan seandainya lewat jalur laut. kadang" suka maksa.idaknya emang lebih enak 

wah sedikit ilfeel yah kalo kayak gituu... :bingung hehehe

 

makasi ya infonya.. ya tapi setidaknya kalo aku kesana bakal sewa juga sih.. soalnya capek duduknya kalo bawa sendiri dari Jogja hehehe



#20 Niken Indriyati

Niken Indriyati

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 2 posts
1
Good

Posted 01 May 2013 - 07:49 PM

Ada yang rencana mau kesini gakk,.

biar bisa brg"...

pinginnya bulan juli, aku mau dengan anakku laki2, ingin snorkling sih....




0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D