Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
* * * * * 1 votes

Macam2 Penyebab Kesemutan dan Cara mengatasinya

kesemutan penyebab penyakit cara mengatasi




  • Please log in to reply
21 replies to this topic

#1 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 23 January 2013 - 05:30 PM


macam2 penyebab kesemutab dan cara mengatasinya:

 

  • Penyebab kesemutan bisa timbul karena aktivitas yang terlalu tegang dan dalam waktu lama. Seperti misalnya anda duduk dengan menyilangkan kaki. Kesemutan bisa terjadi pada kaki anda. Atau ketika anda terlalu lama mengetik dan menulis non stop tanpa istirahat sejenak, kesemutan bisa terjadi pada tangan anda. Kesemutan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, yang paling sering adalah kaki dan tangan. Jika kesemutan tersebut yang anda sering rasakan, mudah saja. Lakukan istirahat atau rileksasikan tangan dan kaki anda sejenak sehingga peredaran darah tetap lancar dan tidak menumpuk pada satu tekanan saja. Hal ini juga bisa merenggangkan otot dan saraf lainnya sehingga anda tidak mudah lelah dalam beraktivitas.
  • Kesemutan yang terjadi diiringi gejala lain seperti dikatakan sebelumnya perlu anda perhatikan. Kesemutan bisa saja menjadi awal gejala penyakit anda atau sebaliknya, karena penyakit yang anda derita, anda kesemutan. Jika kesemutan diiringi dengan rasa haus, seringnya intensitas buang air kecil, berat badan turun walau banyak makan, nyeri seperti ditusuk-tusuk pada telapak kaki, segera periksakan. Bisa jadi ini adalah gejala lain komplikasi diabetes mellitus atau penyakit kencing manis. Cara mengatasi kesemutan ini adalah segera lakukan pemeriksaan dan kontrol gula darah anda.
  • Jika anda adalah seorang pengemudi, mungkin anda sering merasakan kesemutan di telapak kaki anda. Memang paling sering dirasakan para pengemudi yang berusi 25 hingga usia lanjut. Walau pun ini biasa terjadi, namun cukup mengganggu anda karena kemungkinan anda bisa hilang konsentrasi dan cepat lelah. Cara mengatasi kesemutan jenis ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Makan makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks, seperti sayuran hijau. Lakukan olahraga secara teratur dan hindari konsumsi alkohol karena alkohol tidak bersahabat dengan vitamin B.
  • Untuk penderita penyakit jantung, kesemutan bisa terjadi karena ada darah yang membeku dan menempel sehingga terbawa aliran darah ke otak. Jika bekuan darah tersebut menyerang daerah sistem saraf sensorik, maka akan terjadi kesemutan pada beberapa bagian tubuh atau sebelah. Namun jika yang terserang adalah daerah sistem motorik, maka cenderung akan terjadi kelumpuhan.

 

Untuk itu, kesemutan merupakan gejala ringan yang mudah hilang hanya dengan memijat bagian tertentu agar peredaran arah kembali lancar. Namun jika tidak diperhatikan, kesemutan bisa jadi berbahaya bagi tubuh anda sendiri. Melakukan pola hidup sehat adalalah cara mengatasi kesemutan yang paling mudah. Perbanyak konsumsi vitamin B kompleks karena berfungsi untuk metabolisme tubuh yang memelihara fungsi saraf.



#2 Lyn

Lyn

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 462 posts
8
Good

Posted 23 January 2013 - 07:13 PM

kalau kesemutan saya biasa lurusin dulu kakinya terus dibiarin aja, lama-lama ilang sendiri kesemutannya hehe tapi saya jarang sih kesemutan, paling kalau lipet kaki terlalu lama aja



#3 daffa

daffa

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 309 posts
32
Great

Posted 24 January 2013 - 03:02 PM

haha..ada yang bilang, kalo kaki kesemutan katanya di ikat aja pakai karet gelang....ngaruh apa ya...belum pernah coba juga sih :))



#4 Married2014

Married2014

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 431 posts
19
Great

Posted 24 January 2013 - 04:16 PM

kalau saya sih rata2 karena duduknya bersila, jadi wkt mau berdiri kesemutan, biasa sih dilurusin beberapa menit udah normal kok.

atau waktu tidur, tangannya taruh dibawah kepala. jadi kesemutan deh



#5 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 25 January 2013 - 10:11 AM

kalau kesemutan saya biasa lurusin dulu kakinya terus dibiarin aja, lama-lama ilang sendiri kesemutannya hehe tapi saya jarang sih kesemutan, paling kalau lipet kaki terlalu lama aja

iya saya juga gara2 melipat kaki lama.. :(

 

haha..ada yang bilang, kalo kaki kesemutan katanya di ikat aja pakai karet gelang....ngaruh apa ya...belum pernah coba juga sih :))

wah ga tau deh ada2 aja ya...

 

kalau saya sih rata2 karena duduknya bersila, jadi wkt mau berdiri kesemutan, biasa sih dilurusin beberapa menit udah normal kok.

atau waktu tidur, tangannya taruh dibawah kepala. jadi kesemutan deh

iya kalo dari duduk mau bangun kesemutan dah kayak apa nyerinya hhee



#6 Okky Kusuma

Okky Kusuma

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 776 posts
99
Superb
  • Location:Jakarta

Posted 30 January 2013 - 11:10 PM

penyebab kesemutan adalah gangguan pada persyarafan organ tubuh tertentu.

biasanya yang terganggu adalah daya menghantar listriknya.

 

penyebab yang tersering adalah obstruksi pada saluran syaraf.

biasanya karena posisi tubuh yang salah (kaki yang ditekuk terlalu lama atau tangan yang tertindih dalam waktu lama).

penyebab lainnya adalah tumor yang menjempit saluran syaraf.

 

penyebab kedua adalah pada sel syarafnya itu sendiri.

biasanya ini terjadi pada penyakit-penyakit syaraf.

 

dan penyebab yang terakhir adalah penyakit sistemik / degeneatif yang mempengaruhi kinerja syaraf.

contoh yang paling umum itu DM



#7 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 31 January 2013 - 07:17 AM

penyebab kesemutan adalah gangguan pada persyarafan organ tubuh tertentu.

biasanya yang terganggu adalah daya menghantar listriknya.

 

penyebab yang tersering adalah obstruksi pada saluran syaraf.

biasanya karena posisi tubuh yang salah (kaki yang ditekuk terlalu lama atau tangan yang tertindih dalam waktu lama).

penyebab lainnya adalah tumor yang menjempit saluran syaraf.

 

penyebab kedua adalah pada sel syarafnya itu sendiri.

biasanya ini terjadi pada penyakit-penyakit syaraf.

 

dan penyebab yang terakhir adalah penyakit sistemik / degeneatif yang mempengaruhi kinerja syaraf.

contoh yang paling umum itu DM

nice :)



#8 Okky Kusuma

Okky Kusuma

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 776 posts
99
Superb
  • Location:Jakarta

Posted 31 January 2013 - 03:18 PM

nice :)

 

trims, bro...

 

saya hanya meng-share pengetahuan yang saya miliki



#9 AmaliaHolmes

AmaliaHolmes

    Tidak Baru Lagi

  • Members
  • PipPip
  • 148 posts
14
Great
  • Location:Kota Medan

Posted 27 March 2013 - 10:37 PM

kalau saya lebih sering kesemutan kalau terlalu lama duduk bersila.
mengendarai sepeda motor terlalu lama, tangan juga bisa kesemutan..

#10 D_GUNN3R1

D_GUNN3R1

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 685 posts
11
Great

Posted 28 March 2013 - 06:48 PM

kalau saya lebih sering kesemutan kalau terlalu lama duduk bersila.
mengendarai sepeda motor terlalu lama, tangan juga bisa kesemutan..

 

wah sama saya naik motor kelamaan jg sering kesemutan apalagi kalau bonceng orang. kayanya lebih gampang.

atau kl duduk bersila juga.



#11 adel_lia

adel_lia

    Baru Belajar Keluyuran

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,821 posts
226
Excellent
  • Location:Jakarta

Posted 28 March 2013 - 08:18 PM

Ikut nyimak ahh :D

aku jg sering kesemutan kalo habis duduk kakinya dilipat..

kalo nggak kesemutan, yaa paling kram..


Jalan-jalan itu bukan sekedar berwisata  :D

Keep in touch with me @adeliaDavillaz or Adelia Davillaz

Silakan PM No. HP/WA ke saya untuk info kopdar dan group Whatsapp Regional JABODETABEK :D


#12 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 31 March 2013 - 02:42 PM

wah sama saya naik motor kelamaan jg sering kesemutan apalagi kalau bonceng orang. kayanya lebih gampang.

atau kl duduk bersila juga.

wah kalau dibonceng juga suka kesemutan sih saya mah :D



#13 Amel

Amel

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 493 posts
53
Superb

Posted 02 April 2013 - 09:31 PM

kalau saya sering banget kesemutan di kaki, solusinya bagaimana ya untuk menghilangkan rasa kesemutan atau kram pada kaki?



#14 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 05 April 2013 - 08:39 AM

kalau saya sering banget kesemutan di kaki, solusinya bagaimana ya untuk menghilangkan rasa kesemutan atau kram pada kaki?

hidup sehat :D



#15 Masdavia

Masdavia

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 217 posts
18
Great
  • Location:Bali

Posted 04 June 2013 - 03:50 PM

Tinggal dilurusin aja & rileks baik tangan maupun kaki nanti hilang dengan sendirinya


Pergilah ke tempat yang belum pernah anda kunjungi karena dunia sangat luas sementara hidup hanya sekali dan sesaat :D

Visit my web company  --->  All Bali Villas


#16 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 05 June 2013 - 03:30 PM

Tinggal dilurusin aja & rileks baik tangan maupun kaki nanti hilang dengan sendirinya

iya itu pertolongn prtama yaaa :)



#17 Log Out

Log Out

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 1 posts
0
Neutral

Posted 20 August 2013 - 10:06 PM

haha..ada yang bilang, kalo kaki kesemutan katanya di ikat aja pakai karet gelang....ngaruh apa ya...belum pernah coba juga sih :))

Ga tau ngapa itu, tp bener seh suka coba sndiri klo pas lagi kesemutan. iket jari pake karet gelang cukup sampe berasa ke iket saja, jgn terllu kencang. ga lama stelah itu ksemutan ilang ndiri :)



#18 jasmine

jasmine

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 165 posts
30
Great
  • Location:jakarta

Posted 22 August 2013 - 10:41 AM

wach saya setiap kali duduk bersila, pasti dech gak bisa berdiri setelahnya, karena kakinya semutan..

gimana ya mengatasi ini????

apakh cukup denga nmengkonsumsi vit Bcomplex seperti anjuran ts diatas??

waduch kalau rutin makan vit Bcomplex, bisa2 melar dech tubuh saya tak terkendali....bukannya vit ini menyebabkan bertambahnya nafsu makan???



#19 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 24 August 2013 - 09:33 AM

Ga tau ngapa itu, tp bener seh suka coba sndiri klo pas lagi kesemutan. iket jari pake karet gelang cukup sampe berasa ke iket saja, jgn terllu kencang. ga lama stelah itu ksemutan ilang ndiri :)

dulu saya juga pernah sih kayak gitu iseng2 tapi ya nggak setiap kesemuitan saya begitu



#20 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 24 August 2013 - 09:34 AM

wach saya setiap kali duduk bersila, pasti dech gak bisa berdiri setelahnya, karena kakinya semutan..

gimana ya mengatasi ini????

apakh cukup denga nmengkonsumsi vit Bcomplex seperti anjuran ts diatas??

waduch kalau rutin makan vit Bcomplex, bisa2 melar dech tubuh saya tak terkendali....bukannya vit ini menyebabkan bertambahnya nafsu makan???

sebenernya menurut saya ya, duduk bersilanya jangan kelamaan. Diselingin aja mas biar ga kaku :)





Also tagged with one or more of these keywords: kesemutan, penyebab, penyakit, cara, mengatasi

0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D