Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
- - - - -

Etika Jalan-Jalan di Korea Selatan

etika wisata jalan2 korea korsel budaya adat




  • Please log in to reply
10 replies to this topic

#1 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 581 posts
75
Superb

Posted 28 January 2013 - 05:54 PM


Hallo jalan2ers, Korea Selatan sekarang ini menjadi salah satu negara yang termahal dalam urusan pariwisatanya. Wajar saja sih, karena hal tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan, terutama wisatawan asing di luar Korea itu sendiri. Pesona pariwisata Korea Selatan juga didukung dengan berkembangnya atau makin meluasnya demam Korea, baik itu lewat musik, film, drama, maupun acara-acara hiburan lainnya.

Buat yang mau ke Korea Selatan, ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait soal etika di negara ini. Sebenanrnya, nggak Cuma di Korea sih kita harus mengikuti etika atau budaya atau kebiasaan di negara setempat, tapi kali ini saya mau mencoba member informasi sedikit terkait hal-hal tersebut.

Korea ini masih di Asia dan untuk orang-orang seperti kita tentu nggak terlalu sulit untuk mengikuti kebiasaan yang biasa dilakukan masyarakat Korea. Mulai dari sopan santun terhadap yang tua, kebiasaan makan, dan lain sebagainya. Perlu dicatat bahwa orang Korea itu menjunjung tinggi soal tata karma menghormati yang lebih tua. Nah, selengkapnya, ini dia:

  • Membungkuk

Membungkuk ini hal yang biasa yang dilakukan masyarakat Korea. Untuk menyapa seseorang, anda baiknya membungkuk sambil mengucapkan salam kepada mereka. Membungkuk juga bagus dilakukan saat mengucapkan terima kasih dan hal-hal lain. Nggak terlalu sulit, karena di Indonesia sendiri, kebiasaan menundukkan kepala saat meengucapkan terima kasih cukup biasa, tinggal ditambahin membungkukkan badan saja.

 

Kalau mau berkenalan, membungkuk sambil diikuti menjabat tangan mereka. Jadi ucapkan salam, berjabat tangan, dan sambil membungkuk. Itu hal yang biasa dilakukan. Membungkuk berarti kita menghormati orang tersebut.

 

  • Menambahkan kata “yo” di akhir kalimat

Hal ini jika anda mau mempelajari beberapa kosa kata dalam percakapan Bahasa Korea, jangan lupa untuk menambahkan kata “yo” di akhir kalimat. Bahasa Korea memiliki tingkatan tertentu, sama seperti Bahasa lain, seperti Bahasa Jawa, Sunda, dan banyak daerah lainnya di Indonesia. Ada bahasa yang harus digunakan untuk orang tua atau orang yang baru dikenal seperti bahasa halus, dan ada juga bahasa kasar atau slank yang bisa digunakan untuk sesame teman sebaya.

 

Serupa dengan aturan bahasa tersebut, di Korea juga demikian. Kata “yo” atau “imnida” di akhir kalimat dalam Bahasa Korea menunjukkan bahwa itu bahasa yang sopan dan harus digunakan kepada orang tua atau orang yang belum akrab hubungannya. Misalnya, mau mengucapkan salam, ucapkan, “annyeonghase-YO,” ya…

 

  • Etika makan dan minum

Soal etika makan dan minum jika anda bersama orang Korea tentu harus juga diperhatikan. Banyak kebiasaannya, namun beberapa yang bisa saya sebutkan antara lain seperti berikut ini:

Jika dipersilakan duduk, baru duduk (ya biasalah ya…) Kemudian, untuk memulai makan juga demikian. Si tuan rumah biasanya akan menuangkan air pada tamu, terima air tersebut dengan mengangkat gelas sedikit dan memegangnya satu tangandengan tangan lainnya pada yang berada di dekat pergelangan tangan.

Jika saat itu ada orang tua, minum jangan menghadap depan. Agak memalingkan muka untuk menunjukkan kesopanan anda. Dan jangan lupa, letakkan sumpit di samping mangkuk atau di atas meja jika sudah selesai makan. Cara memegang sumpit atau sendok juga perlu diperhatikan. Sumpit jangan disilangkan saat makan, dan sendok pegang seperti biasa adat kita. Namun sendok Korea lebih panjang gagangnya. Letakkan di poisisi atas tapi tidak terlalu atas atau tidak di ujungnya. Masih banyak sebenarnya etika makan, tapi semuanya standard internasional, seperti tidak mengecap, tidak berisik, dan lain sebagainya. Jika menggunakan tusuk gigi atau bersin harus ditutup dfan memalingkan muka sedikit. Yang jelas, jangan kumur2 di depan meja makan. Heheheh

 

  • Etika Obrolan

Jika ingin berkenalan, coba buka topic-topik yang luwes. Sebaiknya menhindari topic-topik yang berat seperti misalnya politik, keadaan negara, dan lain sebagainya. Tapi jangan heran juga jika sewaktu-waktu anda diajak ngobrol soal kehidupan pribadi anda yang mungkin kalau kita bisa dibilang tidak sopan. Misalnya, mereka suka menanyakan usia, keluarga, dan pekerjaan anda serta lain sebagainya. Jawab saja dengan sopan karena ini berarti mereka ingin mengenal anda.

 

Beberapa di atas adalah hal yang perlu diketahui. Intinya, Korea sangat menghormati orang yang lebih tua. Jadi, dahulukan orang tua dalam banyak kondisi ya… Kalau ada tambahan, silakan saja, semoga bisa berbagi manfaat dengan yang lainnya.

 


 



#2 Lyn

Lyn

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 462 posts
8
Good

Posted 28 January 2013 - 08:38 PM

korea juga pakai etika membungkuk ya, kirain udah gak terlalu sekarang hehehe tapi katanya orang2 korea kurang ramah ya terus agak kasar, bener gak tuh?



#3 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 581 posts
75
Superb

Posted 29 January 2013 - 09:06 AM

korea juga pakai etika membungkuk ya, kirain udah gak terlalu sekarang hehehe tapi katanya orang2 korea kurang ramah ya terus agak kasar, bener gak tuh?

yg jelas ga seramah org indonesia kyknya hhhee 



#4 tiara

tiara

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 512 posts
44
Great

Posted 01 February 2013 - 11:30 AM

wah...lengkap deh kalau seandainya nanti ada niatan untuk berkunjung ke Korea, paling tidak sudah tahu etika untuk bertemu warga Korea :D



#5 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 581 posts
75
Superb

Posted 06 February 2013 - 08:32 AM

wah...lengkap deh kalau seandainya nanti ada niatan untuk berkunjung ke Korea, paling tidak sudah tahu etika untuk bertemu warga Korea :D

iya sis,... biar ga dibilang songong juga :D



#6 Wasnia

Wasnia

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 467 posts
37
Great
  • Location:Jakarta

Posted 21 February 2013 - 03:31 PM

kalau menurut saya yang paling sensitif untuk memulai suatu pembicaraan ya, baik di setiap orang apalagi di setiap negara...pasti masing2 mempunyai etika tersendiri
 



#7 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 581 posts
75
Superb

Posted 23 February 2013 - 05:35 PM

kalau menurut saya yang paling sensitif untuk memulai suatu pembicaraan ya, baik di setiap orang apalagi di setiap negara...pasti masing2 mempunyai etika tersendiri
 

betul... kdang sesuatu yang kita biasa aja bagi mereka sensitif dan sebaliknya



#8 mone

mone

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,934 posts
102
Excellent
  • Location:Cilegon, Banten

Posted 14 March 2013 - 09:09 PM

kalo mau bisa percakapan dalam bahasa korea harus banyak nonton drama korea yang belum d dubber, jadi bisa sedikit mengerti percakapan sederhana.


Segala hal yang ada di dunia ini akan bisa tercapai, asalkan jangan pernah menyerah untuk menggapai'y.

 

follow me at twitter @staysame

add me at path Raymond Kim

add me at instagram Raymond Kim

add me at facebook mone kim lupin

B)


#9 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 581 posts
75
Superb

Posted 15 March 2013 - 07:19 AM

kalo mau bisa percakapan dalam bahasa korea harus banyak nonton drama korea yang belum d dubber, jadi bisa sedikit mengerti percakapan sederhana.

salah satunya buat latihan itu... yg pntg mau belajar dan latihan



#10 mone

mone

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,934 posts
102
Excellent
  • Location:Cilegon, Banten

Posted 15 March 2013 - 01:13 PM

salah satunya buat latihan itu... yg pntg mau belajar dan latihan

Iya gak usah yang terlalu sulit, yang penting bisa ngomong'y, kalo bisa baca tulisan'y mah lewat kursus atau kamus aja.


Segala hal yang ada di dunia ini akan bisa tercapai, asalkan jangan pernah menyerah untuk menggapai'y.

 

follow me at twitter @staysame

add me at path Raymond Kim

add me at instagram Raymond Kim

add me at facebook mone kim lupin

B)


#11 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 581 posts
75
Superb

Posted 19 March 2013 - 06:00 PM

Iya gak usah yang terlalu sulit, yang penting bisa ngomong'y, kalo bisa baca tulisan'y mah lewat kursus atau kamus aja.

yg penting ada yang diajak ngomong mas :D





Also tagged with one or more of these keywords: etika, wisata, jalan2, korea, korsel, budaya, adat

0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D