Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
- - - - -

Bogor trips: Arca Domas, situs megalitikum, Prasasti Ciaruteun





  • Please log in to reply
10 replies to this topic

#1 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,257 posts
446
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 01 March 2013 - 01:13 PM


Di Kabupaten Bogor ini saya menemukan beberapa objek wisata, tapi saya lebih senang menyebutnya dengan objek sejarah. Objek sejarah yang saya maksud adalah Prasasti Ciaruteun dan Arca Domas,  sementara itu untuk kuliner pilihan saya jatuh kepada restoran saung bambu.  Bagi para traveler dengan budget minim, rasanya kawasan kabupaten bogor wajib dilirik karena memiliki tingkat harga jauh dibawah kawasan tajur-puncak yang merupakan kawasan orang-orang yang uangnya berlebih.

 

Objek sejarah situs Ciaruteun terletak di wilayah desa ciampea sekitar 30 menit dari Kota Bogor. Situs ini berbentuk batu dengan tulisan dan jejak telapak kaki  purnawarman. Agak jauh dari kota, kawasan ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau mencarter angkot karena letaknya agak jauh dari jalan raya.

 

 Situs ini di jaga oleh seorang kuncen, dan bila beruntung kuncen ini akan menceritakan keseluruhan sejarah kerajaan Tarumanagara sampai kerajaan Majapahit. Ketika saya mengunjungi situs ini, ada hal menarik dari Aki kuncen(sudah tua , jadi saya memanggil “aki”), Aki kuncen ini memiliki indra keenam yang dapat membaca pikiran saya ketika disana. Situs ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena selain wawasan bertambah, lingkungan disekitar objek sejarah pun masih khas pedesaan. Sungai , gunung, dan kebun singkong merupakan pemandangan yang akan dinikmati diperjalanan ke situs ini.

 

420213_10200693245474846_1707464812_n.jp

 

Perlu diketahui ketika saya berkunjung kesini, saya memberikan tips sebesar 20 ribu(tidak wajib) untuk aki kuncen ini. Dengan berkunjung ke situs atau prasasti ini selain kita merefreshkan otak kita dengan pemandangan alamnya, kita pun mendapat pengetahuan sejarah baru di situs ini.

 

Selanjutnya di wilayah Cinangneng sebelum desa Ciampea terdapat situs purbakala Arca Domas. Terletak di kaki gunung, dan bisa dicapai dengan berjalan kaki satu jam dari desa terakhir yang dilewati, saya juga menitipkan kendaraan saya disini dengan membayar 5000 ke warung terdekat.   Saya sarankan bila ingin berkunjung ke Arca Domas pagi atau siang hari, karena berada di kaki gunung, penerangan di sekitaran arca masih temaram, dan juga sebaiknya membawa bekal makanan karena tidak ada penjual makanan ataupun warung/penduduk sekitar. Berjalan-jalan ke arca domas sangatlah seru, karena sepanjang perjalanan kita berjalan disisi sawah dan hutan, banyak tupai berseliweran, sementara di sisi lainnya terdapat hamparan sawah dengan latar belakang gunung. Bila ingin beristirahat, banyak pepohonan yang bisa dipakai untuk berteduh, sambil menikmati pemandangan yang sangat indah. Ketika anda melihat perbukitan yang dikelilingi pohon pinus, artinya anda sudah sampai di lokasi arca domas.

 

 Pada saat saya sampai di gerbang, terlihat anak tangga yang siap untuk didaki. Berhati –hati di kawasan anak tangga ini, karena tangga nya cukup terjal. Arca ini merupakan peninggalan masa megalitikum, arca berbentuk makam-makam dan  di sini saya masih melihat sarang elang, bahkan saya menemukan burung elang mirip Elang Jawa, sayang sekali saya tidak mengambil gambarnya. Objek sejarah ini merupakan bukti bahwa Indonesia merupakan daerah peradaban sejak zaman purbakala, karena di sekitaran arca ini banyak ditemukan batu-batu bekas peninggalan upacara animism-dinamisme zaman purbakala. Pemandangan di sekitar arca ini mirip dengan hutan ketika anda menonton film Twillight pada  scene Edward Cullen mengajak Bella Swan terbang ke dalam hutan pinus. Masuk ke dalam arca tidak di pungut bayaran alias gratis.  Arca ini merupakan bukti bahwa peradaban kita telah lebih dulu ada dibanding peradaban bangsa lain, kira nya sebagai bangsa Indonesia kita bangga atas fakta ini.

734424_10200693244834830_797875232_n.jpg

 

Masih di kawasan yang sama, terdapat puncak tertinggi lain dari wilayah Bogor, tepatnya daerah ampere, kecamatan cibereum desa petir, orang daerah ini menyebutnya dengan bukit Ampera. Jalan masuknya adalah melalui gang di depan SMP 1 Dramaga. Perjalanan menuju lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari jalan raya. Tidak ada petunjuk jalan, namun bisa bertanya kepada warga ataupun warung sekitar. Restoran saung bamboo terletak sebelah kanan jalan, pemandangan di saung ini tidak kalah bagus dengan puncak pass.  Makanan andalan disini adalah bebek goreng, rasanya maknyus. Waktu saya menyantap bebek gorengnya memiliki tektur agak basah, dengan saus sambal ulek yang khas, menambah nikmat saat dingin, ditemani secangkir the hangat  akan menambah kenikmatannya. Harga makanannya tidak begitu mahal, anda cukup mergogoh kocek Rp 15.000 untuk makan bebek goreng ini. Menu lain yang menjadi andalan adalah nasi liwet.

555380_10200693245314842_1341477799_n.jp

Restoran Saung Bambu

Tidak jauh dari restoran saung bamboo ada kedai yang menjual cemilan-cemilan, diantaranya surabi duren, sebelum lokasi kedai ini terdapat penjual keripik talas pedas, yang menurut saya keripiknya sangat enak dan murah. Setelah mencicipi surabi duren dan menyantap bebek goreng, jangan lupa foto-foto disini, objek pemadangannya lumayan “ngena” untuk yang memiliki hobi fotografi landscape. Walaupun perjalanannya ke wilayah ini agak jauh, tapi akan terbayar dengan keindahan panoramic yang kita lihat saat kita telah mencapai daerah ini. Saran saya bagi yang ingin berjalan-jalan ke daerah ini menggunakan angkutan umum dianjurkan siang hari , karena setelah matahari terbenam tidak ada angkutan di daerah ini.  Bila membutuhkan petunjuk arah ke desa ini, anda bisa mengklik http://goo.gl/maps/NyNo.

 



#2 arief

arief

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 293 posts
27
Great

Posted 01 March 2013 - 03:08 PM

wow...keren gan pemandangannya, maksudnya setiap kita berkunjung ke sana harus ditemani kuncen...kuncen itu semacam guide gitu ya?



#3 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,257 posts
446
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 03 March 2013 - 12:09 AM

kuncen itu , penjaga. dalam bahasa sunda kuncen=penjaga. kuncen makam = orang yang sering di makam dan menjaga makam



#4 aprilian_teja

aprilian_teja

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 384 posts
20
Great
  • Location:Regional Saturnus / Yogyakarta Hadiningrat / Bogor

Posted 06 March 2013 - 02:58 AM

sering lewat daerah sekitar situ tapi ga tau dimana letaknya saya,hehehehe.,.

ternyata masuk jauh ya, dulu sih pernah ke gunung salaknya malah,kalau ga salah itu daerah sebelum yang tambang batu kapur atau apalah itu ya gan?


selamatkan alam walau hanya dengan secuil niat, anak cucu kita juga berhak untuk merasakannya.,.

follow @aprilian_teja for any traveling information.,.


#5 tki

tki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 516 posts
338
Excellent
  • Location:0.3 km from Asia

Posted 06 March 2013 - 04:49 AM

nah ini baru menarik, dan ngga perlu jauh2 lagi

nanti kalau mudik saya akan sempatkan mampir



#6 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,257 posts
446
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 06 March 2013 - 08:25 AM

wow...keren gan pemandangannya, maksudnya setiap kita berkunjung ke sana harus ditemani kuncen...kuncen itu semacam guide gitu ya?

 

oh ngga mas, cuma kalo sama kuncen nya, nanti kita diceritakan mengenai sejarah batu tersebut juga cerita mengenai sejarah kerajaan gitu. kuncennya baik ko mas. 



#7 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,257 posts
446
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 06 March 2013 - 08:44 AM

sering lewat daerah sekitar situ tapi ga tau dimana letaknya saya,hehehehe.,.

ternyata masuk jauh ya, dulu sih pernah ke gunung salaknya malah,kalau ga salah itu daerah sebelum yang tambang batu kapur atau apalah itu ya gan?

waduh, itu masih jauh dari gunung salak gan, kalo mau ke gunung salak sebaiknya gak pake jalur ini, aksesnya lumayan sulit. kapan nih kita ke gunung salak, agan juga di bogor kan ? ane cari partneran buat kesana sebenarnya. 

 

nah ini baru menarik, dan ngga perlu jauh2 lagi

nanti kalau mudik saya akan sempatkan mampir

masih banyak mas yang bisa mas explore di daerah ini, tapi emang fasilitasnya kurang. Kalo malam2 gak ada listrik, terus masih banyak hewan liar mas, ane pernah ke beberapa curug di daerah ini terus ada musang, terus ane kejar alhasil ane digigit sama musang itu ( musangnya segede anjing wohooo).



#8 Aprianza Nangtjik

Aprianza Nangtjik

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 272 posts
15
Great
  • Location:Bojonggede

Posted 08 March 2013 - 04:36 AM

ciaruteun itu yang kalo dari arah Bubulak nglwatin kampus IPB.... trus aja... ntar ambil kanan... tanya2 aj daripada klewat...

prasasti ada banyak kok om.... kbtulan ane ikut Ukm Seni Budaya di kampus... jadi tau sdkit2 situs2 budaya Bogor


www.petualangindo.wix.com/home

www.facebook.com/Petualang.indo ; [email protected] ; @Petualang_ID

 

08996079360 || 081282105230


#9 Cavliner

Cavliner

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 38 posts
2
Good
  • Location:Bogor

Posted 08 February 2014 - 11:01 AM

@ameryudha bro mau tanya, kalo yang di foto gambarnya gunung itu, itu lokasi di arca domas atau yg di desa petir?



#10 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,257 posts
446
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 12 February 2014 - 08:53 AM

@ameryudha bro mau tanya, kalo yang di foto gambarnya gunung itu, itu lokasi di arca domas atau yg di desa petir?

 

arca domas mah bukan di desa petir. desa petir itu yang ada restorannya. masih satu daerah jasinga-dramaga



#11 Aprianza Nangtjik

Aprianza Nangtjik

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 272 posts
15
Great
  • Location:Bojonggede

Posted 28 February 2014 - 03:35 AM

next saya mau ajak yang berminat trekking k situs megalitikum arca domas...

ga kalah bagus dh sama situs Gunung Padang


www.petualangindo.wix.com/home

www.facebook.com/Petualang.indo ; [email protected] ; @Petualang_ID

 

08996079360 || 081282105230



0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D