Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
- - - - -

Berwisata Hemat ke Prigen





  • Please log in to reply
1 reply to this topic

#1 rhiennee

rhiennee

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 508 posts
98
Superb

Posted 07 March 2013 - 04:48 PM


Salah satu tujuan wisata yang dapat dijadikan tujuan utama liburan keluarga bisa anda temukan di Prigen. Prigen merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Kabupaten Pasuruan sendiri memiliki beberapa objek wisata yang menarik. Diantaranya Pusat Pendidikan Alam & Budaya Kaliandra, Taman Safari Indonesia 2, Taman Dayu, Sien Orchid, Air Terjun Coban Baung,Sky Lot (Selancar Lumpur), Air Terjun Kakek Bodo, dan masih banyak lainnya. Namun yang paling banyak diminati wisatawan baik wisatawan lokal ataupun mancanegara adalah Taman Safari Prigen.

 

pic art 98a.jpg

 

Taman Safari Prigen berada di Desa Jatirejo Kecamata Prigen. Terletak pada ketinggian kurang lebih 800 meter dpl, pada lereng Gunung Arjuna, taman safari ini menjadi lembaga konservasi suaka margasatwa. Taman Safari Prigen juga dikenal sebagai salah satu taman safari terbesar di Asia. Selain itu taman safari ini merupakan pusat konserarvasi ex-situ yang paling sukses dalam penyelamatan Banteng Jawa dan Gajah Sumatra di dunia.

Dengan menempati areal seluas kurang lebih 340 ha, maka diperlukan mobil atau bus bagi wisatawan untuk mengelilingi kawan Taman Safari Prigen. Wisatawan dapat menemukan pembagian zona wisata menurut penggunaannya. Terdapat 3 zona dalam areal taman, yaitu :

 

- Zona Baby Zoo

Merupakan areal khusus yang dapat digunakan wisatawan untuk mengenal aneka anak satwa liar yang berhasil ditangkarkan. Anda dapat bermain dan berfoto dengan anak - anak satwa liar yang lucu dan menggemaskan.

- Zona Kehidupan Satwa

Areal ini khusus untuk tempat satwa liar yang bagi sesuai dengan habita masing - masing. Habitat tersebut dibagi menjadi 4 kawasan, yaitu  kawasan Amerika, kawasan Afrika, kawasan Eropa, dan Kawasan Asia.

- Zona Rekreasi

Selain melihat hewan yang hidup di areal yang disesuaikan seperti habitat aslinya, wisatawan juga dapat menikmati atraksi satwa dan berbagai macam permainan baik untuk anak - anak maupun dewasa.

Koleksi binatang di Taman Safari Prigen pun beraneka ragam. Ada komodo, Singa, Banteng, Harimau Putih Sumatera yang terancam punah, Orang Utan, Singa Afrika, dan masih banyak lagi. Selain binatang darat, anda juga dapat menemui koleksi satwa laut, aneka burung, dan berbagai spesies reptil.

 

pic art 98c.jpg

 

Bila anda berminat untuk mengunjungi Taman Safari Prigen, lebih baik bila diperhatikan terlebih dahulu jadwal dan harga tiket masuknya. Untuk jadwal buka, taman safari dapat diakses oleh pengunjung setiap hari pada pukul 08.30 sampai 17.00. Tidak ada hari libur, karena taman safari ini tetap buka seperti biasa pada hari libur. Harga tiket masuk yang dipatok pun cukup terjangkau. Harga tiket dewasa (5 tahun ke atas) sebesar 60 ribu rupiah. Sedangkan untuk anak usia 1 sampai 5 tahun sebesar 55 ribu rupiah. Bila ingin merasakan keseluruhan fasilitas yang ditawarkan maka dikenakan tiket sebesar 85 ribu rupiah (sudah termasuk Safari Water World dan free 23 Wahana permainan). Sangat terjangkau bukan?

 

Bagi wisatawan dianjurkan memiliki satu hari khusus untuk dapat menikmati taman safari secara keseluruhan. Namun biasanya bila anda menggunakan jasa biro wisata, hanya diberi waktu terbatas untuk menikmati fasilitas yang ditawarkan di taman safari ini. Maka ada baiknya bila anda bepergian sendir tanpa menggunakan jasa agen wisata.

 

pic art 98d.jpg

 

Tak perlu khawatir menghabiskan banyak biaya. Prigen cukup mudah dijangkau oleh wisatawan. Bila anda berasal dari Jakarta maka akan lebih baik bila menggunakan jasa kereta api. Harga tiket kereta api ekonomi dari Jakarta ke Surabaya berkisar antara 35 hingga 45 ribu rupiah. Setelah turun di stasiun Surabaya maka dapat dilanjutkan dengan kendaran umum (bis) dari Terminal Bungurasih menggunakan bis jurusan Malang dan turun di Gian Gading Gerbang Sukorejo. Harga bis sekitar 20 ribuan. Dari sana anda melanjutkan perjalan dengan kendaraan umum atau ojek yang ditempuh kurang lebih 15 menit.

 

Selain itu, bila anda ingin menghabiskan banyak waktu di Prigen, ada baiknya menyempatkan diri mengunjungi Air Terjun Kakek Bodo yang berada di kawasan wisata Tretes. Prigen dan Tretes masih berada dalam satu wilayah Kecamatan Prigen. Sehingga relatif dekat bagi anda yang mengunjungi Taman Safari Prigen untuk singgah menikmati keindahan Air Terjun Kakek Bodo. Tak hanya itu, keberadaan air terjun Kakek Bodo ini tidaklah sendiri, terdapat 3 air terjun lainnya yang dapat ditemui dalam perjalanan lintas hutan. Msing – masing yaitu Air Terjun Alap – Alap dengan ketinggian 40 meter, Putuk Truno dengan ketinggian 45 meter, dan Sengguruh dengan ketinggian 30 meter. Dengan demikian anda tak akan merasakan rugi bila melakukan wisata ke Prigen, Jawa Timur.



#2 Lia Cute

Lia Cute

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 507 posts
70
Superb

Posted 09 March 2013 - 12:21 AM

Oooo ini wisata yang kita dapat memberi makan langsung binatang2nya dari dalam mobil ya Sis...menarik tapi juga agak ngeri hehehe...




0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D