Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
* * * * * 1 votes

Bangunan-bangunan unik dan Antik di Seluruh Dunia

sharing bangunan unik bangunan antik gedung unik dunia gedung antik dunia




  • Please log in to reply
6 replies to this topic

#1 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
73
Superb
  • Location:Gresik

Posted 26 March 2013 - 12:32 AM


Punya bangunan gedung yang normal mungkin udah biasa kali ya. Oleh karena itu beberapa orang terutama mungkin adalah para arsitektur, berusaha untuk menciptakan sesuatu yang tidak biasa. Entah itu dari desainnya atau dari tempat di mana bangunan itu didirikan.

 

Nah, di dunia ini terdapat beberapa bangunan yang memiliki keunikannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

 

Rumah di tengah sungai Drina, Serbia

 

Bangunan unik yang satu ini berada di Serbia, tepatnya di tengah sungai Drina. Ya, di tengah, saya nggak salah tulis lho ya bukan di pinggir sungai. Kalau di pinggir sungai mah di Jakarta juga banyak tuh di pinggir kali Ciliwung... hehehe

 

drina-river-house-1%25255B6%25255D.jpg

 

 

Nah keberadaan rumah yang satu ini sangat menarik perhatian dunia, terlebih setelah seorang fotografer National Geographic mempublikasikannya pada Agustus 2012. Rumah yang satu ini berada di kota bernama Bajina Basta. 

 

drina-river-house-3%25255B2%25255D.jpg

 

drina-river-house-5%25255B2%25255D.jpg

 

 

Rumah ini juga bukanlah sebuah rumah yang baru didirikan. Bahkan sudah cukup lama, tepatnya pada tahun 1968. Pada waktu itu rumah ini digunakan sebagai lokasi untuk sun bathing atau berjemur. Tidak heran kalau rumah ini punya ukuran yang mungil. 

 

Restoran Gantung Fangweng di Yichang, Cina

 

fangweng-restaurant-9%25255B6%25255D.jpg

 

 

Kalau Anda sedang dalam perjalanan ke Cina, ada baiknya untuk menikmati sajian makanan di Restoran Fangweng yang ada di Yichang, Provinsi Hubei. Di sini kita akan bisa merasakan sensasi tersendiri kala menikmati makanan. 

 

fangweng-restaurant-8%25255B17%25255D.jp

 

fangweng-restaurant-7%25255B3%25255D.jpg

 

 

Sensasi tersebut bukan hanya pada makanan yang ditawarkannya. Melainkan karena lingkungan tempat restoran ini berada. Bagaimana tidak, restoran ini berada di bukit dan menghadap secara langsung ke sungai Yangtze. Mungkin bagi yang mempunyai phobia terhadap ketinggian tidak disarankan kali ya datang ke sini :).

 

Balancing Barn Hotel di Inggris

 

balancing-barn-4%25255B7%25255D.jpg

 

 

Berikutnya adalah sebuah hotel yang ada di Inggris bernama Balancing Barn Hotel. Nampaknya, pemilik hotel ini adalah seorang yang sangat mencintai dunia fisika. Bagaimana tidak, dia pun membuat bangunan hotel ini memiliki desain yang sangat unik dan membutuhkan perhitungan yang sangat rumit agar bangunan setimbang. 

 

balancing-barn-1%25255B7%25255D.jpg

 

 

Hotel ini memiliki panjang 30 meter. Terdapat beberapa bagian bangunan yang masing-masing memiliki struktur yang berbeda. Misalnya pada bagian tengah dibangun menggunakan beton sebagai intinya. Selanjutnya, bagian yang langsung bersentuhan dengan tanah dibangun dengan materioal yang lebih berat dibandingkan bagian bangunan yang melayang. 

 

balancing-barn-2%25255B7%25255D.jpg

 

 

Namun jangan mengharapkan bahwa hotel ini mampu menampung tamu dengan skala yang besar. Seperti yang telah disebutkan, bangunan hotel ini hanya sepanjang 30 meter. Dan jumlah tamu maksimum yang bisa ditampung hanya 8 orang.

 

Di dalam bangunan ini terdapat sebuah dapur dan ruang makan yang berukuran besar. Selain itu dilanjutkan dengan empat ruang tamu dengan ranjang double yang masing-masing dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet terpisah.

 

Sementara itu pada bagian bangunan yang melayang, terdapat sebuah ruang tamu yang dilengkapi dengan tiga jendela pada dinding, lantai dan atapnya. Rumah ini pun secara khusus didesain oleh MVRDV yang memiliki reputasi tingkat dunia.

 

Inntel Hotel di Zaandam, Belanda

 

Kali ini kita terbang ke Belanda yang terkenal sebagai negeri kincir angin dan bunga tulipnya. Di sebuah kota bernama Zaandam, ada hotel dengan bangunan yang menarik bernama Inntel Hotel.

 

Bangunan hotel ini didesain sedemikian rupa sehingga terlihat seperti beberapa rumah yang sengaja ditumpuk menjadi satu. Total terdapat 70 rumah yang dikumpulkan.

 

4889072788_28663413c6.jpg

 

Bangunan hotel ini memiliki tinggi 40 meter dan mampu menampung hingga 160 tamu. Di dalamnya terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang, wellness center, restoran serta kamar mandi ala turki.



#2 asep2012

asep2012

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 689 posts
17
Great

Posted 26 March 2013 - 04:13 PM

Rumah yang ditengah sungai lucu yah ha2. kayanya mau jatuh gitu.

kalau mau ksana harus naek getek atau berenang donk



#3 chandra

chandra

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 430 posts
6
Good

Posted 26 March 2013 - 09:30 PM

hahaha unik-unik semua ya rumahnya, itu yang ditengah sungai sama yang setimbang itu unik banget, gimana ya rasanya kalau tinggal di sana



#4 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
73
Superb
  • Location:Gresik

Posted 30 March 2013 - 08:00 PM

Rumah yang ditengah sungai lucu yah ha2. kayanya mau jatuh gitu.

kalau mau ksana harus naek getek atau berenang donk

 

 

hahaha unik-unik semua ya rumahnya, itu yang ditengah sungai sama yang setimbang itu unik banget, gimana ya rasanya kalau tinggal di sana

haha... iya juga sih... tapi itu bukan untuk rumah tinggal, tapi emang hanya digunakan sebagai tempat untuk sun bathing alias ngitemin badan



#5 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
73
Superb
  • Location:Gresik

Posted 30 March 2013 - 08:03 PM

Hmm... ane lanjutin ya threadnya... ada beberapa lagi yang unik soalnya... :D
 
Kota Tua Ghadames
 
Untuk yang satu ini bukanlah sebuah bangunan. Melainkan sebuah kota bernama Ghadames yang kerap disebut sebagai pearl of the desert. Kota yang satu ini merupakan kota oasis yang berada di distrik Nalut, Tripolitania, Libya. 
 
Kota tua yang satu ini memiliki penghuni sekitar 10 ribu orang. Penghuni kota ini pun biasanya berkelompok secara tradisional di rumah yang saling terhubung. Kalau dilihat dari atas, rumah-rumah di kota ini pun nampak seperti sebuah sarang lebah. 
 
ghadames-0%25255B6%25255D.jpg?imgmax=800
 
Bangunan di kota ini biasanya didesain secara bertingkat. Biasanya pada bagian bawah digunakan sebagai toko, selanjutnya disusul lantai untuk keluarga dan yang terakhir merupakan teras terbuka yang biasanya digunakan untuk para perempuan. 
 
ghadames-4%25255B6%25255D.jpg?imgmax=800
 
Het Arresthuis, Belanda
 
Hotel dengan desain unik memang banyak, tak terkecuali hotel yang memiliki konsep sebuah penjara. Namun sebuah hotel di Belanda bernama Het Arresthuis sedikit memberi warna yang berbeda bagi sebuah hotel bertema penjara. 
 
het-arresthuis-inside%25255B6%25255D.jpg
 
Hotel ini bahkan bisa dibilang tidak menyisakan kesan sebuah penjara di dalamnya. Padahal bangunan hotel ini dulunya merupakan sebuah pencara yang digunakan dari tahun 1836 hingga 2007. 
 
Dulunya, penjara ini memiliki 150 sel. Namun kini bangunan tersebut ditransformasi menjadi sebuah hotel mewah dengan 36 kamar mewah dan 7 kamar suite. Kamar-kamar yang paling istimewa di hotel ini pun memiliki nama yang unik, seperti The Director, The Jailer, The Lawyer dan yang terakhir adalah The Judge. 
 
Wat Rong Khun, Thailand
 
wat-rong-khun-18%25255B9%25255D.jpg?imgm
 
Bangunan unik selanjutnya ada di Chiang Mai, Thailand. Dan bisa ditebak, bangunan unik tersebut adalah sebuah kuil agama Budha yang memiliki nama Wat Rong Khun. 
 
Kuil yang satu ini baru saja didirikan, tepatnya pada tahun 1997. Bangunan kuil ini didesain oleh seorang pelukis Thailand bernama Chalermchai Kositpipat. Ingin tahu keunikan dari bangunan kuil ini? 
 
wat-rong-khun-1%25255B6%25255D.jpg?imgma
 
Jika di sebuah kuil Budha ada patung Budha tentunya sudah biasa. Namun kuil ini tak hanya punya patung Budha. Di kuil ini, Anda akan menyaksikan berbagai gambar yang terbilang cukup aneh untuk berada di sebuah kuil. Gambar-gambar tersebut antara lain adalah predator, batman, superman, ultraman atau bahkan tokoh Keanu Reeves sebagai Neo di film The Matrix. 
 
Nah, ceritanya gambar-gambar mural tersebut disimbolkan sebagai manifestasi kebaikan dan kejahatan dalam konteks agama Budha. Tak hanya simbolismenya saja yang unik. Secara keseluruhan, desain eksterior bangunan kuil ini pun tak kalah cantik. 
 
Eh'haeusl atau The Wedding House, Jerman
 
Di Jerman, ada sebuah hotel yang diklaim sebagai hotel paling kecil di dunia. Hotel tersebut merupakan sebuah hotel bernama Eh'haeusl yang ada di kota Amberg, Jerman. 
 
Hotel ini didirikan pada tahun 1728 oleh sebuah pasangan yang baru saja menikah. Bangunan hotel ini pun sangat mungil. Dengan lebar hanya 2.5 meter dan luas total sebesar 53 meter persegi. 
 
ehhaeusl%25255B6%25255D.jpg?imgmax=800
 
ehhaeusl-7%25255B5%25255D.jpg?imgmax=800
 
Dengan ukurannya yang mungil tersebut, jangan harap hotel ini punya kapasitas tamu yang banyak. Alih-alih mereka hanya menyediakan satu unit kamar. Ya, hanya satu kamar boiii... Bisa dibilang menginap di hotel ini sangat ekslusif banget, lebih ekslusif dibanding hotel bintang lima di manapun. 
 
Meskipun kecil, fasilitas yang ada di dalam hotel cukup lengkap. Para tamu bisa memanfaatkan fasilitas seperti mini spa, TV layar datar dan lain-lain di hotel ini. Dan konon bagi yang pernah menginap di hotel ini, dikatakan akan hidup bahagia selamanya n nggak akan pernah bercerai. 


#6 zeekyuryu

zeekyuryu

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,183 posts
100
Excellent
  • Location:cibubur, depok

Posted 02 April 2013 - 01:29 PM

nice share .. lucu lucu o=fotonya.. ada aja dah org2 itu gmn cara ditempatinya kalo bs ditempati hfhfhf :D


mari berbagi cerita bersama @zeekyuryu


#7 D_GUNN3R1

D_GUNN3R1

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 685 posts
11
Great

Posted 03 April 2013 - 06:12 PM

aneh2 aja, dari luar keliatan artistik, dalamnya gambar superman, lucu2 juga yah ha2.. tapi menarik buat dikunjungi.





Also tagged with one or more of these keywords: sharing, bangunan unik, bangunan antik, gedung unik dunia, gedung antik dunia

0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D