Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
* * * * * 1 votes

Olahraga Paralayang, wisata bercampur adrenaline di langit indonesia

sharing paralayang olahraga paralayang paralayang indonesi




  • Please log in to reply
37 replies to this topic

#1 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,248 posts
440
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 29 March 2013 - 01:17 PM


Paralayang Overview

0000060037.jpg

 Paralayang ( menulisnya disatukan, bukan ‘para layang’) atau paragliding merupakan salah satu cabang olahraga terbang bebas, dimana anda akan dilengkapi dengan sebuah parasut yang diterbangkan untuk mengangkat badan anda, dimana parasut ini pula yang akan membawa anda mendarat. Wisata paralayang memang belum begitu terkenal di Indonesia , karena club yang berdiri masih sedikit dan masih sedikit pula masyarakat yang familiar dengan olahraga ini.

 

Introduction

 

Paralayang sendiri dimulai lepas landas dari sebuah tanah luas yang berada di atas bukit atau gunung dimana angin adalah factor yang paling menentukan anda bisa terbang atau tidak. Parasut yang anda kenakan akan melayang tinggi di langit. Angin yang bisa menerbangkan badan anda ada dua macam, yang satu disebut dynamic lift dimana angin tersebut berasal dari angin yang menabrak dinding , dan satu lagi yaitu thermal lift dimana angin tersebut merupakan salah satu pendorong kuat untuk anda terbang tinggi. Dengan kombinasi keduanya anda akan bisa terbang tinggi dengna jarak yang jauh. Semuanya tanpa mesin dan hanya memanfaatkan gaya potensial angin saja ( yang memakai motor sebutannya adalah motorgliding). Peralatannya sendiri hanya berkisar 10Kg saja, dimana anda Cuma tinggal memasukan ke dalam ransel bila anda mendaki gunung.  

 

Siapapun bisa terbang

 

Paralayang sendiri diperuntukan bagi orang dewasa, tidak peduli perempuan atau laki-laki. Syaratnya adalah , anda harus sehat jasmaniah ( bila dirasa anda masuk angin, tentu jangan memaksakan karena akan memperparah sakit anda ) dan sehat rohaniah ( bila anda sedang galau atau depresi tentunya jangan coba-coba karena anda bisa saja memaksa untuk loncat dari parasut ketika anda berada di atas ketinggian, hal tersebut tentunya membahayakan jiwa anda bukan?). Batasan umur sendiri adalah dari 14 hingga 60 tahun, dimana anak dibawah 18 tahun harus diantar oleh orangtuanya.

 

 Paralayang hingga saat ini masih dianggap olahraga yang berbagaya, kenapa ? Karena orang menganggap bahwa paralayang memiliki resiko yang sangat besar. Namun bila melihat secara makro, seluruh olahraga memiliki resikonya tersendiri. Jadi ketika anda memutuskan untuk melakukan olahraga ini, anda harus memiliki pemikiran positif bahwa selama anda mentaati apa yang menjadi peraturan keselamatan, semuanya akan berjalan dengan baik. Semua prosedur harus ditaati saat terbang, termasuk kelengkapan alat-alat keamanan dan keikutsertaan pendamping apabila anda belum memilki ijin untuk terbang sendiri.

 

Flying High Gliding

 

Kebabasan adalah kata yang dianut oleh sebagian orang,  dikaitkan dengan paralayang tentu saja match. Sebagian orang yang memiliki lamunan bisa terbang, bisa jadi menjadi kenyataan dengan mencoba paralayang . Anda tidak usah berubah bentuk seperti Jin Kazama dalam game Tekken untuk bisa terbang melewati hutan dan pepohonan untuk dapat terbang tinggi. Paralayang memiliki sensasi tersendiri dimana anda bisa merasakan kebebasan di angkasa raya, bagaikan seorang burung yang terbang tanpa beban.Bagi sebagian orang yang telah berpengalaman dalam olahraga ini, mereka merasakan sensasi tersendiri ketika terbang, ketika melayang di ketinggian secara tidak langsung anda akan merasakan penghargaan diri anda terhadap kehidupan dan alam yang terbentang tanpa halangan di depan mata anda anda.   

 

Keterampilan Paralayang bukan dengan seketika bisa dipelajari tentunya anda akan mempelajarinya step by step dengan penuh perjuangan.  Ketika anda telah memiliki ijin untuk terbang, tentunya anda bisa memiliki pengalaman berbeda dalam penerbangan anda selanjutnya. Hal tersbeut adalah hal yang paling memuaskan ketika anda bisa terbang tanpa orang lain dan dengan kemampuan anda sendiri  mau terbang setinggi apa dan mau sejauh apa tentunya ketika anda memiliki pengalaman dan ijin terbang, semua terserah anda.

paralayang-terbang-layaknya-burung-foto-

Ready To Fly High

 

Perlengkapan yang anda butuhkan adalah Parasut utama, parasut cadangan, harness, dan helmet. Selain itu ada perlengkapan pendukung untuk terbang antara lain  variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang, dll. Ketika anda terbang, sebaiknya anda memakai flighsuit, namun untuk pemula anda bisa memakai pakaian seadanya yang penting anda bebas bergerak, disarankan anda memakai sepatun boots agar pendaratan tidak menyakitkan.  Parasut sendiri merupakan alat mahal yang paling penting, semua tergantung penerbang.  Parasut sendiri memiliki berbagai ukuran, semua disesuaikan dengan bobot badan anda, sebagai informasi terbang aman untuk paraglider maksimal 120kg di atas itu anda  sebaiknya menurunkan berat badan anda.     Harga perlengkapannya sendiri sepaket semua bisa sampai Rp. 30.000.000 untuk membeli perlengkapan yang baru , namun banyak diantara para anggota klub yang saling menukar perlengkapan ataupun membeli bekas dari satu anggota dan anggota lain dengan harga Rp. 3-5 juta untuk harga bekas, lengkap semua.

 

 

Further Information

 

 

Sebelumnya, anda harus berkonsultasi dengan organisasi paragliding yang ada di wilayah anda. Untuk saat ini, yang paling terkenal ada tiga yaitu di Puncak, Malang, dan Bali. Namun yang harus anda perhatikan adalah , anda harus berlatih kepada seseorang yang tepat atau instruktur /pelatuh paralayang yang terlah bersertifikat dan diakui oleh organiasai paralayangdunia. Utnuk Indonesia, kita memiliki  lisensi untuk pelatih paralayang dikeluarkan oleh Persatuan Olahraga Dirgantara Layang Gantung Indonesia – Federasi Aero Sport Indonesia / PLGI – FASI. Kebanyakan pelatih memiliki naungna dibawah FASIDA. Dimana para pelatih ini memiliki klub terbang di berbagai daerah .  Beberapa klub paralayang di Indonesia :

 

 

Lokasi yang biasa dijadikan tempat berlatih ( anda tidak harus langsung terbang, hanya melihat dan bertanya-tanya dahulu juga boleh )

201106_TI_Paralayang-06.jpg

Puncak Jawa Barat

Pemandangan cukup mempesona. Lokasi lepas landas dan mendarat berada di tengah-tengah perkebunan teh yang hijau. Kondisi angin dan thermal sehari-hari cenderung lembut. Pembentukkan awan di kala musim hujan sangat cepat. Perubahan cuaca juga biasanya berlangsung cepat. Angin lokal menjadi dasar penerbangan di lokasi ini, sehingga merupakan salah satu lokasi terbaik untuk pengembangan karena dapat diterbangi sepanjang tahun. Lokasi ini sangat mudah dijangkau.

 

Spoiler

 

Kontak dahulu ke beberapa klub tersebut.

 

Pantai Timbis (Nusa Dua)


Kondisi angin cenderung keras namun stabil. Thermal sangat jarang muncul. Arah angin terbaik adalah selatan persis dari arah laut. Tebing pantai panjang sehingga mengasyikkan untuk ridge soaring ke arah barat (Uluwatu) atau ke arah timur (Hotel Nikko).

 

Spoiler

 

 

Beberapa orang yang bisa dijadikan rujukan untuk Paragliding ini :

 

MNC Paragliding Indonesia

Website : www.mountnear.com
E-mail : [email protected]
Mobile : +62-812-8791-7996 ; +62-21-2626-8486 
LINE : +62-812-8791-7996 / BB PIN : 306596ED

 

 

Fly Indonesia Paragliding
Bellanova Country Mall GO-18/5
Sentul City, Bogor 16810, Indonesia

Bali Office
TIMBIS BEACH, Desa KUTUH, Ungasan,
Bali, Indonesia

Mobile: +62-(0)818 491 472
Mobile: +62- 857 1795 1289
Email: [email protected] & [email protected]

 

Harga per kali terbang ( didampingin)

Biaya untuk 1 orang peserta = Rp 300.000,-
Biaya untuk grup 5 orang = Rp 275.000,- / orang
Biaya untuk grup > 5 orang = Rp 250.000,- / orang

Harga untuk sekolah Paralayang

 

Ada beberapa kategori untuk sekolah Paralayang ini.  Yaitu :

 

- Taster--> Rp. 1000.000

Introduction --> Rp. 2.000.000

Paket 1-2 hari untuk mencoba Paralayang, dimana anda akan diajarkan terbang landas ( tapi belum bisa sendiri), disini anda akan diajarkan teknik-teknik, istilah , fungsi peralatan, dan terbang beberapa kali.

 

 

- Elementary Pilot Course (EPC) – USD 500 (Rp 4,500,000)

Ini adalah harga dimana anda akan dapat  terbang sendiri pertama kalinya. Kursus ini berlangsung 5 hari, tidak usah berturut-turut tapi pada intinya kursu ini mempelajari cara terbang, aturan di atas langit, dan harga tersebut sudah termasuk sewa peralatan selama anda terbang.  Ada ujian terbangnya loh, jadi anda harus serius mendengarkan mengenai penjelasan terbang di kelas jangan Cuma ingin terbangnya saja, keselamatan dan pendalaman teknik itu perlu.

 

-Club Pilot Certificate Course (CPC) – USD 500 (Rp 4.500.000)

Nah ini adalah kelas lanjutan, dimana ketika anda mengikuti kelas ini, anda akan mendapatkan sertifikat terbang yang berlaku secara internasional. Ini juga hanya diselenggarakan oleh klub yang tergabung dalam FASIDA. Keuntungan mengikuti kelas ini adalah , setelah anda  bisa terbang 40 kali selama mengikuti kelas ini memakai perlengkapan orang lain, jadi anda tidak harus membeli perlengkapan sendiri.



#2 chandra

chandra

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 430 posts
6
Good

Posted 29 March 2013 - 07:27 PM

wah peralatan sama belajarnya mahal ya, menarik ya, tapi kalau saya sendiri sih kurang berani main di tempat tinggi kayak gitu hahahaha



#3 papirubia

papirubia

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,047 posts
107
Excellent
  • Location:Jakarta

Posted 29 March 2013 - 09:41 PM

TOP dah  :)



#4 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,248 posts
440
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 30 March 2013 - 02:43 PM

wah peralatan sama belajarnya mahal ya, menarik ya, tapi kalau saya sendiri sih kurang berani main di tempat tinggi kayak gitu hahahaha

 

gak kok mas, ga usah beli peralatannya. kita bisa tester harganya Rp. 300.000 per kali terbang. kalo ke puncak coba deh mas. oke banget lah pokonya. 



#5 ryaryuu

ryaryuu

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 728 posts
102
Excellent
  • Location:jakarta

Posted 31 March 2013 - 02:22 PM

kantor saya pernah pelatihan satu hari mengenai paralayang ini, bayarnya per orang sekitar Rp.250rb. kalo rombongan mending dihubungi jauh2 hari deh .


@ryaryuu


#6 Lyn

Lyn

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 462 posts
8
Good

Posted 06 April 2013 - 10:19 PM

wah seru ya kayaknya tapi serem juga, pernah ada gak sih jatuh pas main ini? view nya pasti bagus banget ya dari atas



#7 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,248 posts
440
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 07 April 2013 - 07:49 AM

wah seru ya kayaknya tapi serem juga, pernah ada gak sih jatuh pas main ini? view nya pasti bagus banget ya dari atas

 

hehe, semua olahraga ada resikonya ko. selama mengikuti smeua aturan pastinya akan berjalan dengan baik, kecuali ada faktor x. 



#8 deffa

deffa

    Eyangnya Bertualang

  • Moderators
  • 21,201 posts
1,411
Exceptional
  • Location:Bandung

Posted 07 April 2013 - 10:05 AM

waw ini sangat pengen coba dan belom kesampean karna harus ke daerah pegunungan kayak puncak dll

waktunya yang belom ada hehehe


Jika hasrat untuk berwisata telah menghampiri anda maka pergi lah niscaya akan membawa kebahagiaan :D

 

Field Report : Krabi 18-21 FebruariBangkok 15-18 Februari 2014 | Kuala Lumpur 13-15 Februari 2014 | 

                       Singapura 19-22 September 2013 | Pattaya 22-24 April 2013 | Bali 2-4 Februari 2013 | 

                        Phuket 3-6 Desember 2012

Web : Jalan2.com

Blogger : Deffa Blog

Wordpress : Deffa Wordpress

Twitter : @Jalan2com | @Deffa_Utama | @BoysNRoot 

 


#9 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,248 posts
440
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 07 April 2013 - 11:12 AM

waw ini sangat pengen coba dan belom kesampean karna harus ke daerah pegunungan kayak puncak dll

waktunya yang belom ada hehehe

 

hayu cus  cuy, kalo mau ajak @aprilian teja juga deuh. kan deket bogor -puncak mah.

 

buat yang lain di jabodetabek ada yang minat ga ?



#10 deffa

deffa

    Eyangnya Bertualang

  • Moderators
  • 21,201 posts
1,411
Exceptional
  • Location:Bandung

Posted 07 April 2013 - 11:14 AM

hayu cus  cuy, kalo mau ajak @aprilian teja juga deuh. kan deket bogor -puncak mah.

 

buat yang lain di jabodetabek ada yang minat ga ?

ok deh siap siapin tanggal tr gw nunggu di Basecamp gw di bogor ya hehehe


Jika hasrat untuk berwisata telah menghampiri anda maka pergi lah niscaya akan membawa kebahagiaan :D

 

Field Report : Krabi 18-21 FebruariBangkok 15-18 Februari 2014 | Kuala Lumpur 13-15 Februari 2014 | 

                       Singapura 19-22 September 2013 | Pattaya 22-24 April 2013 | Bali 2-4 Februari 2013 | 

                        Phuket 3-6 Desember 2012

Web : Jalan2.com

Blogger : Deffa Blog

Wordpress : Deffa Wordpress

Twitter : @Jalan2com | @Deffa_Utama | @BoysNRoot 

 


#11 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,248 posts
440
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 07 April 2013 - 11:16 AM

@deffa mei awal yeh. gw lagi ngebon di kampung halaman dulu kalo april. hehe. 



#12 Dr sheehan

Dr sheehan

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 174 posts
15
Great
  • Location:yogyakarta

Posted 11 April 2013 - 06:54 PM

mantab ne..... cm koq mahal ya.... hehehehe....



#13 Iskandar Alam

Iskandar Alam

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 669 posts
45
Great
  • Location:Malang, Jawa Timur

Posted 11 April 2013 - 07:07 PM

Mantabb ...,  pengen nyoba kyknya seru ni olahraga. Bt'w dmalang jg da gan :)   :salut  :D



#14 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,248 posts
440
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 12 April 2013 - 12:02 AM

Mantabb ...,  pengen nyoba kyknya seru ni olahraga. Bt'w dmalang jg da gan :)   :salut  :D

 

yang di batu ya gan ?

ane pernah sekali gan, hehehehe. so far lebih bagus dari yang di puncak kata ane pribadi sih. gak tahu kalo yang udah expert nih.

 

agan sering gan ? jangan2 dedengkot nih. hehe.



#15 Iskandar Alam

Iskandar Alam

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 669 posts
45
Great
  • Location:Malang, Jawa Timur

Posted 23 April 2013 - 10:53 PM

yang di batu ya gan ?

ane pernah sekali gan, hehehehe. so far lebih bagus dari yang di puncak kata ane pribadi sih. gak tahu kalo yang udah expert nih.

 

agan sering gan ? jangan2 dedengkot nih. hehe.

ya yg dbatu , ane jg prnh ksana tp blum prnh nyobain, hehe... cuman view pemandangan ja.

bt'w mksdnnya dedengkot pa'an ? 



#16 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,248 posts
440
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 23 April 2013 - 11:05 PM

ya yg dbatu , ane jg prnh ksana tp blum prnh nyobain, hehe... cuman view pemandangan ja.

bt'w mksdnnya dedengkot pa'an ? 

 

ahahaha, kalo di jabar dedengkot= senior mas. 

 

dicoba aja mas, ane pernah dateng yang di batu tuh. Rp.270rb ya kalo ga salah ?



#17 Iskandar Alam

Iskandar Alam

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 669 posts
45
Great
  • Location:Malang, Jawa Timur

Posted 23 April 2013 - 11:13 PM

ahahaha, kalo di jabar dedengkot= senior mas. 

 

dicoba aja mas, ane pernah dateng yang di batu tuh. Rp.270rb ya kalo ga salah ?

oh... hahaa bkn saya bkn senior haahaa..

ya ntar q cobain deh pengen banget kykx seru klo liat pemandangan dari atas sambil paralayang.  tp ngeri jg :ngeri coz takut ketinggian ane mas. hehe..., ya mang kisaran segitu harganya. mas.  :senyum



#18 Iskandar Alam

Iskandar Alam

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 669 posts
45
Great
  • Location:Malang, Jawa Timur

Posted 24 April 2013 - 12:06 AM

oh ya nie mas bsok pagi saya mau jalan2 ke batu nie ma keluarga saya. sbnernya sih saya gk bs ikut tp krna dpaksa ya udah deh ikut ja hehe.. :bingung  :senyum



#19 ameryudha

ameryudha

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,248 posts
440
Excellent
  • Location:BOGOR

Posted 24 April 2013 - 10:31 AM

oh ya nie mas bsok pagi saya mau jalan2 ke batu nie ma keluarga saya. sbnernya sih saya gk bs ikut tp krna dpaksa ya udah deh ikut ja hehe.. :bingung  :senyum

wohooo, dicoba aje masss. pagi anginya bagus tuh mas, jadi kick buat tandem mah. hehe. ditunggu ceritaannya mas.  :salut



#20 Wasnia

Wasnia

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 467 posts
37
Great
  • Location:Jakarta

Posted 24 April 2013 - 02:33 PM

waw...patut di coba nih, tapi untuk yang pemula seperti saya ada tips2nya ngak mas?





Also tagged with one or more of these keywords: sharing, paralayang, olahraga paralayang, paralayang indonesi

0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D