Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
* * * * - 1 votes

Danau-danau Cantik dan Menarik yang ada di Jawa Timur

danau jawa timur wisata danau jawa




  • Please log in to reply
23 replies to this topic

#1 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
76
Superb
  • Location:Gresik

Posted 10 April 2013 - 10:35 PM


Jawa Timur itu bisa dibilang salah satu provinsi yang kaya di Indonesia. Nggak hanya secara perekonomian, tapi dari segi pariwisata provinsi yang satu ini pun tidak kalah dengan provinsi lain. Banyak tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi. Nah, kali ini saya coba menjabarkan mengenai wisata air, tepatnya wisata danau yang ada di provinsi Jawa Timur. 

 

Danau Ronggojalu Probolinggo

 

 

Wisata danau dengan air yang tenang dan udara yang sejuk memang tidak ada habisnya untuk kita nikmati bersama keluarga. Nah, di Probolinggo Jawa Timur, selain terkenal wisata Gunung Bromo, juga ada wisata air menarik di kota mangga dan anggur. Wisata ini adalah Danau Ronggojalu.

 

Danau Ronggojalu sangat dekat dengan pusat kota Probolinggo. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer, itu juga bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum. Letak danau Ronggojalu ini berada di desa Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo, provinsi Jawa Timur.

 

Pesona danau yang memukau dan sejuk, serta air yang jernih pasti membuat kita ingin berenang di danau ini. Cukup aman kok berenang di danau ini, asal masih dalam pengawasan saja. Apabila tidak mau berenang, kita bisa menikmati pemandangan danau ini di bawah pendopo kayu yang dibangun di sekitar danau ini. Cocok untuk kita nikmati bersama kerabat, teman, saudara dan keluarga.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati di danau Ronggojalu ini bermacam – macam. Seperti sarana bermain anak – anak, kolam bagi anak – anak, penyewaan ban, serta aneka makanan yang dijajakan pedagang di sekitar danau ini.

 

Selain memiliki fungsi wisata, danau ini juga berfungsi bagi warga Probolinggo dan sekitar danau sebagai sumber irigasi untuk sawah di sekitar danau. Di samping itu juga sumber pasokan air bersih untuk Probolinggo. Danau yang terbentuk dari bentukan alam ini memiliki kapasitas sekitar 3000 liter per hari. Tentu saja, jumlah air yang cukup melimpah ini membuat warga untuk memanfaatkannya sebagai irigasi dan kebutuhan air minum di kota. Selain itu, juga dimanfaatkan industri sebanyak 200 liter per hari untuk kebutuhan industri di sekitar Probolinggo ini.

 

5777037672_b6d9d16f7a.jpg

 

Legenda yang beredar di masyarakat, bahwa Ronggojalu itu merupakan nama dari pasangan suami istri yang menemukan danau ini. Mereka hidup dan dapat mencukupi kebutuhan hidupnya dengan ketergantungan terhadap danau ini. Mereka juga yang senantiasa menjaga agar danau ini tetap jernih serta kawasan di sekitarnya tetap bersih. Konon katanya, sampai akhir hayat, mereka habiskan di danau ini. Sangat dipercaya oleh masyarakat, air yang berasal dari sumber air danau ini memiliki nilai magis. Diyakini memiliki khasiat khusus, di antaranya untuk mengobati segala macam penyakit.

 

ronggojalu-07.jpg

 

Seperti objek wisata lain, danau Ronggojalu ramai dikunjungi saat musim liburan seperti libur Natal dan tahun baru. Pengunjung yang datang tidak hanya wisatawan yang berasal dari Probolinggo saja, juga ada dari luar kota yang sengaja datang untuk menikmati kesejukan di danau ini. Tentu saja, kawula muda juga sering datang dan bersantai bersama teman dan kerabat di areal ini.

 

Nah, bagi kalian yang berasal dari luar kota, jangan sungkan untuk bawa oleh-oleh dari kota ini. Apalagi untuk membeli oleh – oleh khas Probolinggo. Biasanya kalau lagi musim – musimnya, di kota ini banyak sekali dijual berbagai macam mangga, mulai dari manalagi, arum manis, dan masih banyak lagi macamnya. Selain itu, Probolinggo juga terkenal sebagai penghasil anggur, baik anggur merah maupun anggur hijau. Anggur di kota ini tumbuh dengan baik, beberapa wilayah ada yang dijadikan sentra perkebunan anggur, bahkan di rumah warga pun bisa untuk membudi dayakan anggur.

 

Selain dijual yang masih segar – segar, buah Mangga dan Anggur juga dijual dalam berbagai macam produk. Di samping itu, hasil olahan ikan juga dimanfaatkan warga sebagai kerupuk, kerupuk Tengiri namanya. Cocok untuk disantap bersama makanan kita. Dijamin, kesan kota ini melekat di benak kita.



#2 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
76
Superb
  • Location:Gresik

Posted 10 April 2013 - 10:35 PM

Ranu Klakah, Probolinggo

 

 

 

Danau memang pesona alam yang eksotis dan tak pernah bosan kita nikmati. Perairan tawar yang diakibatkan cekungan di daratan ini seringkali menawarkan pesona wisata yang indah dan sejuk kita nikmati bersama keluarga. Nah, kalau kita sedang berlibur di Lumajang, Jawa Timur, bolehlah kita menikmati keindahan salah satu danau di kota ini.

 

Danau Klakah, atau orang lebih sering menyebutnya sebagai Ranu Klakah. Ranu dalam bahasa Jawa memiliki arti danau. Kata Ranu akhirnya diserap dan dipakai untuk penyebutan beberapa danau di wilayah Jawa.

 

Ranu Klakah terletak di sisi utara kota Lumajang, persisnya di Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah, Lumajang. Dari pusat kota lumajang, Ranu Klakah bisa dicapai setelah menempuh perjalanan sekitar 20 km. Untuk mencapai tempat ini melalui transportasi umum, sangatlah mudah seperti naik angkutan umum bahkan bisa memakai dokar, seperti halnya yang dipakai masyarakat setempat sebagai alat transportasi. Selain itu, akses jalan juga mudah untuk pengendara motor roda dua maupun mobil roda empat.

 

Objek wisata satu ini terletak di ketinggian 900 meter dpl. Ranu klakah ini memiliki luas perairan mencapai sekitar 22 hektar dengan kedalaman rata – rata sekitar 28 meter.

 

Eksotisme yang khas terpancar dari ranu ini berupa fatamorgana kebiruan yang nampak pada air, sehingga mirip dengan fatamorgana warna air di lautan. Selain itu, ranu klakah ini dilatarbelakangi Gunung Lamongan yang memiliki ketinggian sekitar 1668 meter dari permukaan laut. Tentu ini menjadi pemandangan yang menarik untuk kita nikmati. Apalagi bagi kalian yang suka narsis dan memotret, ranu klakah bisa menjadi objek yang menarik untuk kita simpan dalam kamera kita.

 

Selain menikmati panorama danau, aktivitas lain yang bisa dilakukan bersama kerabat maupun keluarga, bisa jogging mengelilingi area danau. Atau ingin menaiki perahu yang disewa untuk mengarungi perairan ini. Disediakan pula sarana permainan anak, olahraga tenis dan memancing.

 

3416104339_96fec92c4a.jpg

 

Sisi lain dari ranu Klakah ini, ternyata pernah dilakukan penelitian arkeologi terkait penemuan benda – benda bersejarah di sekitar lokasi ranu. Arkeolog dari Balai Arkeologi Jogjakarta pernah menemukan sisa sisa bangunan batu bata, yang berdasarkan denahnya dipastikan dulu merupakan bekas Candi yang runtuh.

 

Menurut  arkeolog, memang kawasan Ranu Klakah menjadi kawasan pemukiman sudah ada sejak masa sebelum Hindu datang. Terbukti dari hasil temuan artefak, beberapa di antaranya seperti susunan batu temu gelang dari masa megalitikum, punden juga ada yang merupakan bukti peninggalan masa prasejarah. Hal ini pula yang menjadikan ranu klakah dijadikan sebagai situs sejarah bangsa.

 

100_3122.JPG

 

Ranu klakah memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan kota Lumajang sendiri, bahkan sejak jaman kerajaan Majapahit. Menurut penuturan ahli sejarah dari Balai Arkeologi Jogjakarta, keberadaan ranu klakah bisa menjadi sumber daya alam yang sangat potensial bagi masyarakat. Potensi ini yang kemudian menjadi daya tarik Majapahit untuk menguasai wilayah ini. Dalam pemikiran mereka pada saat itu, menguasai Ranu Klakah dan kawasan di sekitarnya berarti menguasai wilayah pertanian yang sangat luas. Ini pula yang menjadikan ranu klakah menjadi lumbung padi sejak jaman kerajaan  Majapahit hingga sekarang.

 

lmjranuklakah.jpg

 

Apabila kita berkunjung ke kawasan Ranu klakah ini, memang banyak hasil bumi seperti sayur mayur, buah – buahan, jagung, bawang yang melimpah dan harganya lebih murah daripada di daerah lain. Selain itu, kalau pas kita berkunjung sedang musim durian, wah kita bisa menikmati durian lezat yang dijajakan di jalanan menuju ranu ini.

 

Ranu klakah ini sering kali menjadi objek wisata alternatif pilihan bila kalian mengunjungi Jawa Timur hendak mengunjungi pulau Bali melewati kabupaten Jember.  Masalah penginapan tenang saja, tersedia banyak sekali sarana hotel untuk menginap di sekitar daerah ini.



#3 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
76
Superb
  • Location:Gresik

Posted 10 April 2013 - 10:35 PM

Ranu Bedali Lumajang

 

 

Dibandingkan dengan daerah lain, ternyata Jawa Timur memiliki karakteristik yang unik wisata alam di provinsi. Salah satunya adalah banyak dijumpai danau vulkanik maupun danau buatan dengan pesona alam yang begitu indah. Mengapa demikian? Banyaknya danau yang ada di Jawa Timur dikarenakan proses vulkanis gunung berapi yang meletus yang menyebabkan cekungan – cekungan yang berisi air yang kini disebut danau. Di Jawa Timur sendiri, danau sering mendapat sebutan ranu.

 

ranu+bedali+003.jpg

 

Salah satu ranu yang memiliki keindahan panorama yang menawan adalah Ranu Bedali, yang terletak di daerah cekungan di kecamatan Ranuyoso kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu ini terletak di ketinggian 700 meter dari permukaan air laut dengan luas danau 25 hektar dan kedalaman danau mencapai 28 meter.

 

Kawasan ini dikelola langsung oleh lembagaDestination Management Organization. Lembaga ini bertanggung jawab kepada pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah kabupaten Lumajang dibawah pengawasan langsung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ranu bedali merupakan salah satu pesona danau dari tiga danau yang berada di lereng gunung Lamongan. Dua danau lainnya yakni Ranu Pakis dan Ranu Klakah. Ketiganya sering disebut sebagai segitiga ranu. Pemkab Lumajang menyebut juga wilayah ini sebagai segitiga emas, karena memiliki potensi tinggi di sektor ekonomi wisata.

 

DSC00180.JPG

 

Letak danau yang cukup tinggi dari permukaan air laut sehingga memiliki keunikan tersendiri baik dari karakteristik alam maupun pesona dan kondisi alam yang disuguhkan. Untuk menuju lokasi ranu Bedali, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor maupun mobil dengan sedikit tanjakan yang harus dilalui. Setelah sampai di areal parkir, kita perlu sedikit berjalan agar mendapatkan pemandangan yang menarik.

 

Letak ranu Bedali yang tinggi ini terkadang membuat kita yang akan berkunjung merasa penat dan kelelahan. Mereka yang ingin ke objek wisata ini setidaknya harus memiliki kesehatan yang prima dan fisik yang mumpuni. Namun, meski sepertinya perjalanan yang ditempuh melelahkan, tapi jangan salah lho. Panorama yang disuguhkan danau ini dari atas bakalan meluluhkan rasa capek dan penat kita.

Banyak yang bisa dinikmati dari Ranu Bedali ini. Bagi kalian yang suka tantangan dan olahraga alam, menuruni tebing hingga mencapai permukaan danau bisa menjadi pilihan menarik. Tentu saja dengan persiapan yang cukup dan latihan yang matang.

 

Tebing dan cekungan yang menjadi karakteristik utama Ranu Bedali ini konon terbentuk karena aktivitas gunung Lamongan dulu kala yang sangat tinggi. Letusan Gunung ini mengakibatkan beberapa daerah di sekitarnya terbentuk danau, salah satunya yang memiliki tebing dan berbentuk cekungan adalah ranu bedali ini.

 

abb36e664552ec1e0d1621ae1783a09d_bedali.

 

Benar saja, apabila kita menuruni tebing hingga mencapai permukaan laut, kita akan merasakan sendiri bebatuan di tebing yang mempunyai khas bebatuan pegunungan. Cukup aman untuk berolahraga seperti wall clambing di tebing ini. Di samping karena medan yang memang sangat cocok dengan seolah – olah sudah ada trek pijakannya, kondisi tebing sangat kuat dan bagus sehingga jauh dari longsor.

Nah, apabila kita suka menikmati alam dengan mengabadikannya lewat foto, Ranu ini bisa dijadikan objek foto, maupun latar foto keluarga kita. Eits, tapi jangan kecewa. Di Ranu Bedali ini pesona kegagahan Gunung Lamongan tidak bisa tampak dengan jelas di ranu ini, tidak seperti saat kita berada di ranu klakah. Meski demikian, kalian nggak bakal menyesal memotret wilayah ini di kamera kalian, karena danau ini salah satu yang khas, beda dan unik yang ada di negara Indonesia ini.



#4 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
76
Superb
  • Location:Gresik

Posted 10 April 2013 - 10:36 PM

Ranu Pakis, Lumajang

 

 

 

Provinsi Jawa Timur tak habis – habisnya menawarkan pesona wisata alam yang menarik, terlebih lagi wisata gunung, pegunungan serta danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanik gunung. Termasuk Ranu Pakis yang terbentuk dari letusan dahsyat gunung Lamongan ratusan tahun lalu.

 

aW1hZ2VzL3Nma19waG90b3Mvc2ZrX3Bob3Rvc18x

 

Ranu Pakis merupakan salah satu danau yang banyak diminati wisatawan untuk melancong di antara puluhan danau yang ada di Jawa Timur. Di Lumajang, ranu pakis merupakan salah satu danau dari tiga danau yang ada di sekitar lereng gunung Lamongan ini. Dua danau lainnya yakni ranu Klakah dan Ranu Bedali.

 

Ranu pakis terletak di sebelah utara kabupaten Lumajang, tepatnya berjarak 20 km dari pusat aktivitas kabupaten Lumajang, di desa Tegalrandu kecamatan Klakah. Konon kata penduduk sekitar, dalam bahasa Belanda, Ranu Pakis terkenal dengan nama Aan Het Meer Van Klabak.

 

3213893375_9cf42752e4.jpg

 

Untuk bisa sampai ke kawasan Ranu Pakis ini terbilang cukup mudah. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Ataupun kita juga bisa naik angkutan umum yang ada. Bahkan bagi kalian yang ingin menikmati keasrian wilayah ini, angkutan tradisional seperti dokar perlu dijajal supaya kita bisa dengan santai dan tenang menikmati udara segar di kawasan ini.

 

Karakteristik obyek wisata ranu pakis ini terbilang sangat menarik. Selain karena udara sejuk dan pesona gunung Lamongan yang bisa kita nikmati di kawasan ini, ranu pakis masih terbilang asri, natural apa adanya namun terawat. Ranu pakis sendiri terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan air laut, dengan luas danau sebesar 50 hektar dan memiliki kedalaman sekitar 60 meter.

 

670441457.jpg

 

Meski terbilang berada di ketinggian, namun untuk menjangkau tempat ini tidak sesulit ketika kita berkunjung ke ranu bedali. Ranu pakis ini masih landai, dan banyak masyarakat sekitar yang juga memanfaatkan kawasan ini untuk kebutuhan hidup mereka.

 

Selain rekreasi dan menikmati udara segar Ranu pakis, kita juga bisa menikmati ikan segar yang dijual di warung – warung sederhana di sekitaran lokasi objek wisata ini. Ikan segar yang tersedia bisa langsung disantap dengan bumbu lalapan dan sambal yang menantang, atau dibakar dengan aroma khas yang gurih dan renyah. Cocok bagi kita yang datang dari jauh untuk sekadar mengisi perut. Selain di hidangkan secara langsung, ikan – ikan ini bisa dibungkus kok, bisa dijadikan oleh – oleh maupun bisa juga dijadikan bekal untuk melanjutkan perjalanan..

 

Ikan yang dibudidayakan masyarakat dan yang dijual ini bermacam – macam jenisnya. Ada ikan mujaher, ikan nila dan ikan – ikan tawar lainnya. Ikan ini dibudidayakan oleh masyarakat sekitar dengan sistem keramba di pinggir – pinggir danau. Sebenarnya agak kurang menarik adanya jejeran keramba ikan ini. Namun, dengan adanya keramba, itu berarti kita bakal bisa terus menikmati ikan segar yang dihasilkan dari pembudidayaan di danau ranu pakis ini.

 

Apabila kita menikmati pemandangan ranu pakis dari atas bukit, kita bakal bisa melihat danau ini secara keseluruhan. Untuk menuju puncak bukit, kita nggak perlu repot – repot mendaki. Menuju ke atas, sudah diberi fasilitas jalan beraspal yang siap menuntun kita menuju atas bukit.

Area di atas bukit ini masih sangat asri dan segar. Nampak danau dengan jernihnya air dan hijaunya kawasan ini seakan memanjakan jiwa dan raga kita sejenak. Nah bagi anda yang suka fotografi atau memfoto diri sendiri (narsis, hehe), jangan pernah lupa membawa kamera. Karena titik inilah tempat terbaik dan memiliki banyak spot foto yang menggambarkan pesona indahnya Ranu Pakis ini.



#5 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
76
Superb
  • Location:Gresik

Posted 10 April 2013 - 10:36 PM

Ranu Segaran Probolinggo

 

 

Apabila kita sedang berwisata mengunjungi objek – objek wisata menarik di provinsi Jawa Timur, atau setelah mengunjungi objek wisata gunung Bromo yang terkenal di seluruh pelosok dunia itu, maka jangan sungkan untuk mampir ke Probolinggo. Karena di wilayah ini, banyak sekali terdapat objek wisata yang tak kalah menarik dengan objek wisata di daerah lain, salah satunya adalah danau Ranu Segaran.

 

Ranu segaran terletak di desa Segaran, kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Apabila kita tempuh dari kota Probolinggo, jarak tempuhnya mencapai kurang lebih 60 km. Terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan air laut. Nama ranu diambil dari letaknya berada di Desa Segaran, meskipun penduduk juga menyebutnya ranu segaran karena memang kawasannya yang segar untuk dinikmati.

 

4186829.jpg

 

Untuk mencapai wilayah ini, kita bisa menempuh dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Kita juga bisa juga ke ranu segaran dengan menggunakan angkutan umum. Angkutan umum yang tersedia berupa bison yang dapat ditemukan di terminal Bayuangga Probolinggo. Setelah itu, kita nanti turun di pertigaan sebelum Koramil Tiris. Ini merupakan pintu masuk ranu segaran. Kita harus berjalan kaki sejenak hingga sampai di tepian danau ini.

 

Ranu segaran terbentuk sebagai akibat dari aktivitas vulkanik gunung di kawasan Semeru – Bromo – Tengger. Konon dahulu, ranu segaran ini merupakan kawah. Karena sudah tidak aktif lagi, dan lama – lama tergenang air, akhirnya berubah menjadi danau.

 

Ranu segaran ini merupakan danau alam yang benar – benar segar, jauh dari hiruk pikuk kota dan modernisasi pariwisata yang terkadang malah membuat kondisi lokasi wisata makin rusak. Air danaunya masih tampak jernih, lingkungannya masih alami dan udara yang kita hirup terasa amat segar. Tentu saja, ini bakal memberikan kita yang berkunjung disana kenyamanan dan ketenangan batin. Letak yang cukup tinggi dari permukaan air laut turut membuat dingin udara kawasan ranu segaran ini.

 

Ranu+Segaran.JPG

 

Di sekitar ranu segaran, kita bisa menjumpai warung yang menjual berbagai makanan untuk wisatawan yang berkunjung. Makanan yang dijual mulai dari pisang goreng dan berbagai macam gorengan, nasi pecel, ikan bakar, dan berbagai menu lainnya. Juga dijual berbagai minuman hangat seperti kopi, susu, jahe atau sekadar menyeruput teh pun bisa dinikmati disini sembari menyaksikan panorama alam yang mengesankan.

 

Areal danau tak hanya pesonanya yang bisa dinikmati pengunjung, tapi bagi kalian yang hobi memancing, ranu segaran tempat yang cocok untuk kalian bercengkrama memancing. Sembari menunggu ikan yang terperangkap umpan, kita tentu bisa sekalian menikmati udara segar dan keindahan danau ini.

 

Masih belum puas? Kita bisa mengelilingi danau ini menggunakan sepeda air. Sepeda air ini merupakan fasilitas sewa yang disediakan pengelola ranu segaran. Tarifnya 10.000 untuk sekali jalan per setengah jam.

 

Beberapa perahu nelayan ikan selain berfungsi sebagai kendaraan untuk menangkap ikan di danau, terkadang nelayan juga menyewakan perahunya. Perahu kecil ini biasa disebut kano. Tentu saja makin lengkap liburan bersama keluarga, kerabat atau sanak famili sembari menikmati luasnya ranu segaran ini.

 

Di sekitar wilayah danau segaran ini, sekitar 100 meter dari lokasi Ranu Segaran, ada air panas alami. Penduduk sekitar biasa menyebutnya dengan sumber mata air panas Tiris, karena terletak di daerah Tiris. Tak hanya mendapatkan hangatnya mata air ini, lokasi  yang dikelilingi oleh pemandangan alam dan udara segar juga menjadi suguhan yang menyenangkan. 



#6 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
76
Superb
  • Location:Gresik

Posted 10 April 2013 - 10:36 PM

Kabupaten Pasuruan selain identik dengan kota santri di Provinsi Jawa Timur, ternyata juga memiliki wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seakan tak mau kalah dengan daerah lain di Jawa Timur, di Kabupaten Pasuruan juga terdapat wisata danau yang menarik yang dikenal masyarakat dengan sebutan Ranu Grati.

 

Danau ranu Grati ini merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Letaknya persis di antara tiga desa, yakni desa Sumberdawesari, desa Ranuklindungan, dan desa Gratitunon. Lokasi Ranu Grati ini berada di sebelah selatan wilayah kabupaten pasuruan, tidak jauh dari jalan utama pantai utara (pantura) ruas jalan Pasuruan – Probolinggo.

 

Objek wisata alam ini memiliki luas sekitar seratus tujuh hektar, dengan memiliki latar pemandangan pegunungan tengger yang menghias cantik di kawasan danau ini. Untuk mencapai kawasan ini, dapat ditempuh dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari kota Pasuruan, dari kota Probolinggo perjalanan mencapai 90 menit waktu tempuh.

 

84604804.jpg

 

Ranu Grati sejak jaman kerajaan Hindu berkuasa di wilayah ini hingga saat ini, dimanfaatkan penduduknya sebagai lahan mata pencaharian budidaya ikan air tawar. Di sebelah barat danau ranu grati ini banyak terdapat keramba untuk menangkap ikan. Berbagai macam ikan dibudidayakan di ranu ini, seperti gurami, nila merah, mujair, wader dan ikan lempuk. Pengunjung pun bisa membeli langsung kepada nelayan yang kebetulan melintas atau setelah menangkap ikan. Pengunjung yang hobi mancing pun bisa langsung pasang umpan di wilayah yang aman dan diperbolehkan untuk memancing ikan.

 

Danau+Ranu+1.JPG

 

Untuk memancing di perairan bebas ranu, pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar seribu rupiah saja. Nah, apabila kita pingin dengan mudah dapat ikan, bisa kok memancing di kolam budi daya ikan. Tentu dengan tarif lebih mahal, yakni sebesar 18 ribu rupiah.

 

Kalau pengunjung tak ingin kerepotan memancing, kita tetap bisa menikmati ikan dari ranu Grati ini dengan menikmati sajian di rumah makan apung. Menu berbagai aneka ikan segar bisa dipilih langsung, seperti mujair, patin, nila maupun lele. Sajian ikan yang khas ranu Grati adalah ikan lempuk, yakni ikan teri tawar yang hanya ada di ranu Grati. Ikan lempuk ini disajikan dalam berbagai macam menu. Bisa dihidangkan dengan olahan pepes, bumbu rujak maupun dengan rempeyek.

 

Pemerintah kabupaten Pasuruan melalui Dinas Pariwisata telah berupaya mengembangkan Ranu Grati sebagai wahana wisata air yang nyaman dan menyenangkan. Fasilitas tambahan seperti tempat parkir dan sarana bermain anak. Selain itu, pemkab Pasuruan juga menyelenggarakan even perahu naga se Jawa Bali, dan berbagai kegiatan tradisional seperti larung saji.

 

Danau+Ranu+5.JPG

 

Ada cerita menarik yang berkembang di masyarakat sekitar mengenai ranu Grati ini. Dahulu kala di jaman penjajahan Belanda, ada tentara Belanda dengan pasukannya mengendarai peralatan perang tank amphibi untuk melintasi danau ini. Padahal, oleh penunggu ranu Grati ini sudah diperingatkan untuk tidak melintasi ranu menggunakan tank karena akan merusak keindahan ranu ini. Selain itu, dipercaya oleh penduduk sekitar kalau di dasar danau itu ada sebuah lubang besar yang berbentuk kerucut terbalik, seperti jam pasir.

 

Dasar penjajah yang punya watak keras kepala. Tentara Belanda tidak menghiraukan peringatan tersebut, sehingga sampai saat ini, bala tentara Belanda beserta tank amphibi nya lenyap tanpa ada yang tahu dimana sekarang jejaknya. Percaya atau tidak, namun keindahan ranu Grati memang tidak ada duanya, baik pesona alam dengan latar pegunungan tengger maupun kenikmatan kuliner ikan tawar segar.



#7 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
76
Superb
  • Location:Gresik

Posted 10 April 2013 - 10:36 PM

Daerah Malang, Jawa Timur, dan sekitarnya memang banyak menawarkan aneka wisata alam yang sejuk, segar dan penuh pesona panorama alam yang menawan, baik yang sudah terkenal maupun yang belum menampakkan gaungnya. Meski demikian, wisata yang kurang memiliki nama tetap mendapatkan keseriusan penanganan dari pemerintah daerah setempat. Sehingga, tetap tak kalah menarik bahkan lebih sejuk, asri dan alami dibandingkan dengan objek wisata lainnya.

 

Salah satu objek wisata yang menarik kita kunjungi adalah Danau Selorejo, yang terletak di sebelah barat wilayah kota Malang. Persisnya, jarak tempuh dari pusat kota Malang sekitar 43 kilometer. Untuk mencapai lokasi ini, kita akan dihadapkan dengan medan jalan yang naik turun berlika liku, baik melalui Batu Malang, Pare Kediri, Jombang maupun yang dari arah Wlingi Blitar.

 

Danau Selorejo sebenarnya adalah cekungan biasa yang berisi air di antara Gunung Anjosmoro, Gunung Kelud serta Gunung Kawi. Namun, karena juga ada aliran deras dari sungai Brantas, maka dibuatlah bendungan yang dipadu dengan fungsi wisata alam. Sampai saat ini, pemerintah daerah mempercayakan pengelolaan taman wisata danau Selorejo ini kepada Perusahaan umum Jasa Tirta I.

 

Pada umumnya, fungsi awal danau ini hampir sama dengan fungsi danau – danu lain yang ada di Jawa Timur. Danau Selorejo juga awalnya berfungsi untuk mengendalikan banjir, pengairan sawah dan sarana budi daya ikan air tawar. Namun, suasana serta panorama danau ini yang menawan, serta menyajikan panorama sun rise yang menarik di antara gunung – gunung di Jawa Timur, menjadikan danau Selorejo ini menjadi objek wisata pilihan wisatawan yang sedang berkunjung ke Malang. Suhu yang sejuk di sekitar danau Selorejo sekitar 22 derajat celcius membuat pengunjung yang datang kesana betah berlama – lama.

 

Bagi kita yang memiliki hobi memancing ikan, danau Selorejo ini bisa jadi wahana yang pas untuk memancing ikan sepuas-puasnya. Kita pun tak perlu kerepotan membawa alat pancing, karena di sekitar Selorejo banyak penjual yang menjajakan alat pancing sederhana seharga sepuluh ribu lengkap termasuk cacing yang digunakan sebagai umpan. Kalau ingin memancing ke tengah – tengah danau, di kawasan ini juga banyak disewakan perahu dayung mapun motor. Dengan harga sewa mulai 50 ribu hingga 200 ribu rupiah, kita bisa memancing sepuasnya sembari menyusuri aliran danau Selorejo. Harga tersebut tergantung berapa lama kita menyewa perahu tersebut.

 

Ingin berjalan kaki menyusuri tepian danau? Mudah, kita bisa menyusuri alur jogging track di sepanjang sisi danau. Jogging ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi dibarengi oleh keluarga atau sahabat.

 

Bagi kita ang ingin menikmati langsung jambu biji, bahkan memetiknya secara langsung, kita bisa menyewa kapal untuk menuju ke pulau Jambu. Nah, di daratan ini nih, kita bisa memetik jambu sesuka hati dengan membayar sekali saja tarif petik jambu.

Di tempat wisata ini juga tersedia berbagai fasilitas penunjang rekreasi lainnya, seperti kolam renang, tiga lapangan tennis, lapangan sepak bola, padang golf Sembilan hole. Bahkan bagi kita yang suka olahraga gunung, jangan kemana – mana, karena di sekitar danau ini juga disediakan arena sepada gunung yang cukup menantang.

 

Nah kalau kita kemalaman dan ingin menginap atau bermalam, tersedia cottage yang terletak di pinggir bendungan. Cottage ini memiliki daya tarik tersendiri. Dari pelataran cottage, kita bisa menyaksikan indahnya panorama waduk alami itu sembari diiringi kicauan burung yang bernyanyi di pagi hari. Kalau tertarik camping, boleh kok mendirikan tenda di pinggiran danau ini. Semua fasilitas ini diberikan pengelola untuk membuat nyaman dan betah pengunjung danau Selorejo ini.

 

deretan+prahu.jpg

 

IMG_9855.JPG



#8 deffa

deffa

    Eyangnya Bertualang

  • Moderators
  • 22,206 posts
1,468
Exceptional
  • Location:Bandung

Posted 11 April 2013 - 09:18 AM

banyak ya danau nya bro

danau ronggojalu probolinggo kayaknya cantik tuh ya


Jika hasrat untuk berwisata telah menghampiri anda maka pergi lah niscaya akan membawa kebahagiaan :D

 

Field Report : Krabi 18-21 FebruariBangkok 15-18 Februari 2014 | Kuala Lumpur 13-15 Februari 2014 | 

                       Singapura 19-22 September 2013 | Pattaya 22-24 April 2013 | Bali 2-4 Februari 2013 | 

                        Phuket 3-6 Desember 2012

Web : Jalan2.com

Blogger : Deffa Blog

Wordpress : Deffa Wordpress

Twitter : @Jalan2com | @Deffa_Utama | @BoysNRoot 

 


#9 D_GUNN3R1

D_GUNN3R1

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 685 posts
11
Great

Posted 11 April 2013 - 12:31 PM

wah bagus yah pemandangannya, apalagi bisa sambil mendayung gitu, pasti keren kalau difoto....



#10 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
76
Superb
  • Location:Gresik

Posted 12 April 2013 - 06:13 AM

banyak ya danau nya bro

danau ronggojalu probolinggo kayaknya cantik tuh ya

 

yupp... setuju moood
 

wah bagus yah pemandangannya, apalagi bisa sambil mendayung gitu, pasti keren kalau difoto....

 

palagi kalo buat pre wed :D



#11 baehaki

baehaki

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 522 posts
76
Superb
  • Location:Gresik

Posted 15 April 2013 - 01:52 AM

Danau Ngipik, Gresik
 
Berhubung lagi ngomongin tentang danau, di Gresik kota ane juga ada tuh danau yang juga dijadiin tempat wisata. Nama danaunya adalah danau Ngipik atau Telaga Ngipik. 
 
Di sini biasanya warga gresik pada ngumpul, baik itu yang mo pacaran ataupun mancing. Dulu sih lebih sering banyak yang mancing. Biasanya dapatnya ikan mujaer atau ikan gabus. Bonusnya paling ikan lele. Sebagai tambahan, suasana di sekitar danau juga nyaman. Dan, kalaupun ingin beli umpan, di sekitarnya juga ada penjual. 
 
Telaga-Ngipik-Gresik.jpg
 
Tak hanya penjual umpan dan peralatan pancing. Di sekitar danau ngipik juga ada beberapa warung makanan dan tempat nongkrong. Beberapa tahun terakhir, Danau Ngipik ini memang mengalami perubahan besar-besaran. Pemerintah daerah sih sepertinya ingin menjadikan tempat ini menjadi lokasi wisata. 
 
Tidak heran untuk masuk ke lokasi danau ini harus membayar sebesar 2000 rupiah. Tempat danau ini sendiri tidak terlalu jauh dengan salah satu pabrik pupuk terbesar di Indonesia, yakni Petrokimia. Dan, bagi yang sering nonton bola, lokasi danau ini juga tidak jauh dari Stadion Tridharma aka stadion tempat bermainnya Gresik United. Jadi lokasi danau ini bisa dibilang tidak jauh dari pusat kota gresik. 
 
7984619720_2c24d45822_z.jpg
 
Selain mancing, danau ini juga bisa dijadikan sebagai wahana wisata untuk keluarga. Orang tua pun bisa membawa anak-anaknya untuk berkeliling danau. Terdapat dua perahu motor yang memang disediakan untuk kegiatan tersebut. Cukup dengan membayar sebesar 2500 rupiah, wisatawan bisa berkeliling danau ini. 

Danau ini sendiri bukanlah danau alami. Danau ini sengaja dibuat oleh pemerintah kabupaten gresik. Dulunya, danau ini merupakan tempat yang dijadikan oleh PT Semen Gresik sebagai salah satu lokasi bagi mereka untuk memperoleh bahan baku pembuatan semen. Dan berkat langkah yang cukup baik, danau ini pun kini menjadi salah satu spot yang menarik di kota gresik. 
 
Tak hanya menjadi tempat wisata, Danau Ngipik ini juga kerap disambangi oleh para atlit nasional. Bukan atlit renang atau sepakbola lho ya. Yang datang ke sini biasanya adalah para atlet ski yang tengah berlatih. Dan, warga gresik pun biasanya suka menyempatkan diri untuk datang ke Ngipik hanya untuk melihat para atlit tersebut berlatih, :D
 
eastjavatraveler_ngipik00.jpg
 
Sayangnya, jujur sih. Tempat ini kurang begitu terawat. Yang paling kentara sih adalah banyaknya sampah yang ada di tepian danau. Tak hanya itu, para pemancing juga kerap membuat tepian danau menjadi kurang begitu menyenangkan. Becek... 
 
Selain itu, warung-warung yang ada di sekitar danau juga nggak terlalu terjaga dengan baik. Sangat disayangkan untuk yang satu ini. Padahal mereka udah disediakan bangunan permanen, tapi tidak dijaga dengan baik. Bahkan bisa dibilang terkesan kumuh. 


#12 Chulafak

Chulafak

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 156 posts
9
Good

Posted 18 April 2013 - 12:59 PM

Ranu Kumbolo belum disebut :P Danau kawah ijen juga :P

#13 aRai

aRai

    Turis Kere

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 946 posts
63
Superb
  • Location:127.0.0.1

Posted 02 June 2014 - 01:48 AM

Lagi ngidam pengen ngunjungi danau-danau ... eh nemu di mari *pedahal nyarinya di gugel*

Matur suwun infone om, ta coba eksplor nanti ah...

Kalo yg di sebutin om @Chulafak dah pernah di kunjungi :loveindo


The idealist hopes.. The romantic sees doom.. The postmodernist sees doom and hopes

~Cangkemku, Idealisku~

follow me on @sendalpegat

http://www.arai.web.id

      y8aotvzs.gif

Senior Software Engineer at OpenERP


#14 deffa

deffa

    Eyangnya Bertualang

  • Moderators
  • 22,206 posts
1,468
Exceptional
  • Location:Bandung

Posted 12 June 2014 - 01:04 PM

@aRai

hehe berarti SEO nya jalan :P

 

@Chulafak

oh iya ya danau kawah ijen masuk harusnya ya cc @baehaki


Jika hasrat untuk berwisata telah menghampiri anda maka pergi lah niscaya akan membawa kebahagiaan :D

 

Field Report : Krabi 18-21 FebruariBangkok 15-18 Februari 2014 | Kuala Lumpur 13-15 Februari 2014 | 

                       Singapura 19-22 September 2013 | Pattaya 22-24 April 2013 | Bali 2-4 Februari 2013 | 

                        Phuket 3-6 Desember 2012

Web : Jalan2.com

Blogger : Deffa Blog

Wordpress : Deffa Wordpress

Twitter : @Jalan2com | @Deffa_Utama | @BoysNRoot 

 


#15 non_sarii

non_sarii

    ..Sunshine Girl's coming, yay!

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
44
Great
  • Location:Malang, East Java

Posted 07 July 2014 - 11:29 AM

:kesengsem  :kesengsem  :kesengsem  Uwaaawwww..keren2 danaunyaaaa..!!

Baru tau kalao di Lumajang, Probolinggo/Pasuruan juga ada danau cantik kaya gitu..


" Everything comes naturally when we are who we are.. "

 

 

:kiss LoVe InDoNesiA   :kiss


#16 deffa

deffa

    Eyangnya Bertualang

  • Moderators
  • 22,206 posts
1,468
Exceptional
  • Location:Bandung

Posted 07 July 2014 - 12:02 PM

@non_sarii

yang keren danau ngipik tuh bisa di pake water sport juga :D


Jika hasrat untuk berwisata telah menghampiri anda maka pergi lah niscaya akan membawa kebahagiaan :D

 

Field Report : Krabi 18-21 FebruariBangkok 15-18 Februari 2014 | Kuala Lumpur 13-15 Februari 2014 | 

                       Singapura 19-22 September 2013 | Pattaya 22-24 April 2013 | Bali 2-4 Februari 2013 | 

                        Phuket 3-6 Desember 2012

Web : Jalan2.com

Blogger : Deffa Blog

Wordpress : Deffa Wordpress

Twitter : @Jalan2com | @Deffa_Utama | @BoysNRoot 

 


#17 Agus Bolang Setiawan

Agus Bolang Setiawan

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 491 posts
64
Superb
  • Location:Gresik

Posted 15 July 2014 - 12:17 AM

:salut ajipppp :salut


Bolang Adventure

Lebih Dari Sekedar Petualangan

----------------------------
PIN BB : 7FA8B479 | No HP : 08993811923 (whatsapp) | Twitter | Facebook | Fanspage | Website


#18 deffa

deffa

    Eyangnya Bertualang

  • Moderators
  • 22,206 posts
1,468
Exceptional
  • Location:Bandung

Posted 15 July 2014 - 09:30 AM

@Agus Bolang Setiawan

kalo di gresik ada danau apa mas agus :D


Jika hasrat untuk berwisata telah menghampiri anda maka pergi lah niscaya akan membawa kebahagiaan :D

 

Field Report : Krabi 18-21 FebruariBangkok 15-18 Februari 2014 | Kuala Lumpur 13-15 Februari 2014 | 

                       Singapura 19-22 September 2013 | Pattaya 22-24 April 2013 | Bali 2-4 Februari 2013 | 

                        Phuket 3-6 Desember 2012

Web : Jalan2.com

Blogger : Deffa Blog

Wordpress : Deffa Wordpress

Twitter : @Jalan2com | @Deffa_Utama | @BoysNRoot 

 


#19 Agus Bolang Setiawan

Agus Bolang Setiawan

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 491 posts
64
Superb
  • Location:Gresik

Posted 15 July 2014 - 09:59 AM

@Agus Bolang Setiawan

kalo di gresik ada danau apa mas agus :D

itu ngipik mod :ngakak


Bolang Adventure

Lebih Dari Sekedar Petualangan

----------------------------
PIN BB : 7FA8B479 | No HP : 08993811923 (whatsapp) | Twitter | Facebook | Fanspage | Website


#20 deffa

deffa

    Eyangnya Bertualang

  • Moderators
  • 22,206 posts
1,468
Exceptional
  • Location:Bandung

Posted 15 July 2014 - 10:03 AM

@Agus Bolang Setiawan

oh iya itu ngipik di gresik ya kurang detil bacanya hahahah :D

waktu itu saya pernah singgah bentar di gresik seh cuma lewat makan siang 


Jika hasrat untuk berwisata telah menghampiri anda maka pergi lah niscaya akan membawa kebahagiaan :D

 

Field Report : Krabi 18-21 FebruariBangkok 15-18 Februari 2014 | Kuala Lumpur 13-15 Februari 2014 | 

                       Singapura 19-22 September 2013 | Pattaya 22-24 April 2013 | Bali 2-4 Februari 2013 | 

                        Phuket 3-6 Desember 2012

Web : Jalan2.com

Blogger : Deffa Blog

Wordpress : Deffa Wordpress

Twitter : @Jalan2com | @Deffa_Utama | @BoysNRoot 

 



0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D