Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
* * * * * 2 votes

Perkebunan Strawberry Walk di Bandung

strawberry ciwidey lembang




  • Please log in to reply
2 replies to this topic

#1 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 25 April 2013 - 08:48 AM


Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang menyimpan banyak sekali tempat menarik dan juga indah. Segala macam ada di Bandung dan anda tinggal memilihnya sesuai selera. Begitu juga soal wisatanya. Ada wisata belanja, kuliner, alam, ya pokoknya Bandung adalah juaranya. Pernah dengan wisata agrowisata? Bandung saat ini sudah mulai mempopulerkan wisata alam yang juga penuh dengan edukasi tersebut. bahkan karena populer juga, Bandung jadi lokasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati wisata agrowisata. Mulai dari perkebunan teh sampai buah-buahan yang segar.

 

Anda penggemar strawberry? Buah yang cantik dengan rasa yang asam segar bercampur manis. Warnanya menggiurkan, bentuk buahnya juga rupawan aduhai. Walau saya bukan penggemar makan buah strwaberry, saya termasuk yang menyukai warna dan bentuknya. Buah strawberry banyak dibudidayakan di Bandung. Bahkan, anda pasti sering mendengar buah-buahan ini bisa dipetik dan langsung dimakan di tempat. Bayangkan bagaimana segarnya? Ya sudah dari pada ngiler terus, berikut ini beberapa perkebunan strawberry di Bandung yang juga disajikan sebagai salah satu objek wisata.

 

1. Ciwidey

Paling populer pastinya. Perkebunan strawberry di Ciwidey dikenal masyarakat luas karena memang tempat ini menjadi salah satu tujuan utama jika ingin memburu perkebunan strawberry. Belum lagi, lokasinya yang mudah dijangkau dan dekat dengan objek wisata populer lainnya yaitu kawah putih.

 

Perkebunan strawberry Ciwidey terletak di Bandung Selatan. Jika naik kendaraan pribadi, arahkan saja ke Ciwidey, begitu juga dengan kendaraan umum. Anda bisa mencari mobil yang menuju Terminal Ciwidey. Nanti dari Terminal Ciwidey, anda bisa naik angkutan umum yang bisa membawa anda ke perkebunan strawberry di sana. Tarifnya sekitar Rp 7000 kurang lebih. Atau jika ingin naik ojek, anda bisa menawar harga antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Semakin pintar menawar semakin mudah untuk mendapatkan harga termurah tentunya. Perkebunan mana yang sebaiknya anda kunjungi? banyak sekali di sepanjang jalan menuju Ciwidey kebun strawberry yang bisa anda temui. Itu terserah anda, karena semuanya nyaman dan juga menyenangkan.

 

kebun%2520strawberry%2520buah%25207000%2

 

Masuk ke perkebunan Ciwidey ini gratis lho. Nantinya, kita hanya diminta bayaran ketika ingin membawa pulang sejumlah strawberry yang berhasil kita 'panen'. Harganya juga nggak mahal, karena di sini dijual dengan harga normal pasaran. Satu kilogramnya mungkin sekitar Rp 30.000 hingga Rp 35.000. Jadi nanti hasil yang kita petik akan ditimbang dan dihargai sejumlah harga yang ada. Termasuk murah kan? Belum lagi nih, jika temen-temen ingin mencoba menanam buah strawberry di rumahnya, bisa lho beli bibit di sini. Harganya juga pasti murah. Rp 2000 per bibitnya dan biasanya setengah gelas aqua cup itu. Seru kan, bukan hanya bisa menikmati hasil buah strawberry Ciwidey, tapi juga bisa membawa pulang bibitnya untuk segera ditanam.

 

Nah, apalagi yang ada di Ciwidey ini? Banyak, ada cafe yang menyediakan aneka olahan buah strawberry jika anda ingin mencobanya. Baik makanan maupun minuman tentunya ada di sini. Anda bisa mencobanya di tengah lelah ketika jalan-jalan mengitari perkebunan strawberry Ciwidey. Selain itu, karena tempat ini sudah ramai dikunjungi wisatawan, akomodasi dan fasilitas lainnya pun cukup lengkap. Jadi jika kemalaman, jangan ragu untuk menginap di sini.

 

Tips

Beberapa tips yang bisa ditulis dalama tulisan ini adalah sebagai berikut:

- Datang pagi atau siang hari,

Mengapa demikian? Perkebunan Ciwidey berada di ketinggian di atas laut, cukup tinggi, dingin, dan berkabut. Makanya, kalau anda sekalian datang di pagi dan siang akan lebih leluasa dibandingkan datang di sore hari di mana kabutnya mulai turun dan bisa mengganggu pandangan mata. Kalau takut tidak keburu, bisa menginap di akomodasi sekitar Ciwidey sekalian berlibur dengan harga yang relatif murah. Akomodasi di sekitar sini sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 saja semalamnya.

 

- Datang saat musim kemarau

Kemarin ada berita sejumlah perkebunan wisata strawberry di Bandung nyaris merugi akibat banjir di Jakarta. Alasannya biasa, karena banjir jadi malas keluar rumah atau lebih tepatnya nggak bisa keluar rumah. Jadi, kebun strawberry harus cukup merugi karena strawberry yang ada harus dipanen sendiri dan dijual di pasar di sekitar Bandung.

 

Ada alasan lainnya, karena menurut beberapa sumber, pilihlah waktu di mana musim kemarau tiba karena rasa strawberry nya akan lebih enak. Tapi jika tidak bisa, anda bisa memilih strawberry yang ditanam di tempat yang ada atapnya. Mungkin itu bisa jadi pilihan anda.

 

- Sekalian mampir ke Kawah Putih

Kalau lagi ke Ciwidey, rasanya kurang pas kalau tidak mengunjungi wisata andalan di sini. Jadi, anda semua bisa atur jadwal untuk bisa mengunjungi Kawah Putih yang letaknya tidak jauh dari perkebunan-perkebunan strawberry di Ciwidey. Jangan lewatkan kesempatan ini dan anda bisa menikmati keindahan alam bumi pasundan ini.

 

2. Lembang

Jika di selatan ada Ciwidey, di bagian utara Bandung ada Lembang. Siapa yang nggak kenal Lembang. Lembang merupakan lokasi yang juga banyak diburu para wisatawan. Nah, setelah Ciwidey, Lembang juga mulai mempopulerkan wisata strawberry yang menyegarkan. Konsepnya sama dan tentunya yaitu dengan cara memetik sendiri lalu bisa kita bawa pulang. Lembang ini memang terkenal dengan wisata alamnya, jadi ketika anda pergi ke Lembang, anda akan dengan mudah menemukan berbagai bentuk wisata alam.

 

Nah, sebagaimana di Ciwidey, Lembang juga memiliki perkebunan strawberry yang beragam dan bisa anda pilih sesuai dengan selera. Anda tinggal memilihnya sesuka hati. Perkebunan strawberry di Lembang memang belum terlalu lama populer jika dibandingkan dengan perkebunan di Ciwidey yang lebih luas dan terkenal. Tapi, jangan salah, di Lembang ini beberapa tahun belakangan juga semakin maju di bidang wisata perkebunan strawberry. Banyak perkebunan strawberry yang dibuka untuk kekepentingan wisata. Dan anda bisa memilihnya. Di depan perkebunan, banyak papan nama yang bertuliskan Strawberry Walk yang artinya anda bisa berjalan-jalan di perkebunan strawberry dan langsung memetiknya sendiri. Selain itu, jalan-jalan di sini tentunya banyak bonus pemandangan yang indah dan juga keren. Jadi, nggak menyesal jika harus jalan-jalan di perkebunan strawberry ini.

 

Untuk soal harga di sini juga sama dengan yang ada di Ciwidey. Sebagian besar perkebunan tidak menggunakan tiket masuk, kalau pun ada, tiketnya hanya sebesar Rp 5000 kurang lebihnya. Harga satu kilo strawberry yang anda petik langsung adalah Rp 30.000 hingga Rp 35.000. Cukup murah bukan? Ya, jika anda bandingkan dengan harga satu bungkus yang dijual di pasaran, harganya memang lebih murah sekitar Rp 10.000 tapi tentunya rasanya akan lebih berbeda jika anda pilih, petik, dan cuci sendiri dari pohonnya langsung, ya kan?

 

Nah, di Lembang ini juga banyak perkebunan strawberry yang bisa dipilih. beberapa yang bisa dipilih antara lain ada di kawasan Cihideung, ada juga di kawasan Maribaya dan juga kawasan Tangkuban Perahu.  Banyak macamnya dan tentunya anda bisa juga menikmati olahan lain yang beragam dari stawberry. Dari mulai makanan biasa hingga makanan-makanan yang unik sekalipun. Anda bisa mencoba jus, es krim, atau makanan dan minuman lainnya dari stawberry, bahkan anda bisa juga mencicipi nasi goreng stawberry lho. Rasanya bagaimana ya?

 

kebun%2520strawberry%2520papa%2520nama%2

 

Nah, kalau mau yang di sekitar Tangkuban Perahu, ada salah satu tempat yang memang diperuntukkan sebagai wisata stawberry dan juga wisata edukasi untuk anak-anak. Nama perkebunan tersebut adalah Terminal Wisata Grafika Cikole. Di tempat ini berbeda dengan perkebunan terbuka lainnya. Di sini, anda akan diminta harga tiket sebesar Rp 5000 dengan mendapatkan secangkir minuman selamat datang berupa jus strawberry, hmmm seger pastinya. Nah, selain bisa jalan-jalan di perkebunan strawberry yang cukup luas, di sini juga tersedia wisata edukasi untuk anak-anak. Jadi, di sini, anak-anak bisa outbond dengan berbagai kegiatan. Mulai dari mengenal bagaimana cara budidaya stwaberry hingga bermain basah-basahan yang menyatu dengan alam. Misalnya, anak-anak bisa bermain menangkap ikan atau bermain keseimbangan menyebrang kolam dengan jembatan yang terbuat dari tali. lainnya juga masih ada permainan atau wahana seru menarik lainnya. lebih seru lagi, karena di sini ada penangkaran rusa lho. Jadi, ada paket wisara lengkap yang bisa dinikmati terutama untuk anak-anak. Tempatnya juga menyenangkan dan bagus lho.

 

Hasil perkebunan stawberry baik di Ciwidey dan juga di Lembang ini ternyata nggak cuma didistribusiin di Indonesia saja, tapi juga di luar negeri. Keren ya? Punya kualitas yang tinggi, jadi makin bangga deh sama segala kekayaan alam yang kita punya. Jadi, tinggal pilih mau ke kebun strawberry di Ciwidey atau mau yang ke Lembang? Semua punya nuansa yang beda-beda. Selamat jalan-jalan dan makan strawberry ya…



#2 papirubia

papirubia

    Petualang Sejati

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 2,047 posts
107
Excellent
  • Location:Jakarta

Posted 25 April 2013 - 09:53 AM

asiik jadi pengen ke bandung  :senyum



#3 redocean

redocean

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 583 posts
79
Superb

Posted 03 May 2013 - 08:30 AM

asiik jadi pengen ke bandung  :senyum

yuk mariii.. :D





Also tagged with one or more of these keywords: strawberry, ciwidey, lembang

0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D