Jump to content


Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D
 

Photo
- - - - -

Keindahan Pulau Angker, Seraya





  • Please log in to reply
2 replies to this topic

#1 rhiennee

rhiennee

    Petualang

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 588 posts
126
Excellent

Posted 12 July 2013 - 09:41 PM


Bila dilihat dari sektor pariwisata, pulau-pulau di Indonesia mempunyai daya tarik wisata yang mengagumkan bagi mata dunia. Namun, faktor akomodasi dan kurangnya promosi yang seringkali menyebabkan obyek-obyek wisata yang ada di pulau-pulau kecil tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Sekarang ini, pemerintah telah mengambil langkah-langkah yang bertujuan untuk meningkatkan sektor kepariwisataan bagi pulau-pulau kecil. Dan promosi secara besar-besaran pun telah dilakukan untuk lebih mengenalkan potensi wisata pulau-pulau kecil ke mata dunia, sehingga wisatawan yang datang bukan hanya wisatawan lokal saja namun juga wisatawan mancanegara.

 

seraya1.jpeg

 

Salah satu pulau kecil yang sudah mulai dikembangkan sektor kepariwisataanya adalah pulau Seraya. Pulau Seraya merupakan pulau kecil yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur atau lebih tepatnya di kabupaten Manggarai Barat. Seperti kita ketahui, kabupaten Manggarai barat mempunyai 162 pulau dengan potensi wisata yang menjanjikan. Pulau seraya sebagai salah satu pulau yang mempunyai potensi wisata yang tidak kalah menariknya dengan pulau Senggigi yang sudah lebih dulu dikenal luas. Wisata pulau Seraya sama dengan wisata di pulau-pulau lain disekitarnya, yaitu mengedepankan sektor pariwisata pantai dan biota laut. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa NTT mempunyai banyak sekali potensi wisata pantai dengan biota laut yang beraneka ragam serta terumbu karang yang terjaga dengan baik. Jadi sudah sepantasnya apabila tempat-tempat tersebut menjadi tujun wisata bagi yang hobi menyelam dan snorkeling.

 

Pulau Seraya yang indah ternyata mempunyai cerita masa lalu yang cukup menyeramkan. Waktu itu baru beberapa orang saja yang menghuni pulau ini, dan pulau ini terbilang cukup angker dibuktikan dengan seringkali penduduk mengalami kesurupan atau kerasukan roh-roh halus. Dan untuk menyembuhkannya harus dengan menyembelih kambing sebagai kurban dan digantungkan pada pohon asem yang ada di tengah perkampungan. Dengan berjalannya waktu, dan makin ramainya pulau seraya ini, nuansa angker dari pulau ini sudah tidak lagi terasa.

 

seraya2.jpg

 

Berwisata ke pulau seraya tidak cukup hanya dengan sehari saja, karena banyak aktivitas yang menyenangkan yang bisa dilakukan di pulau ini, mulai dari berjemur dipantai sampai diving ke tengah laut.

 

Lokasi pulau ini tidak jauh dari kota Labuan Bajo, dan hanya butuh waktu satu jam untuk sampai ke pulau ini dengan menggunakan kapal yang bisa disewa dengan tarif yang relatif murah yaitu sekitar 300rb – 500rb untuk pulang pergi. Dan apabila anda menginginkan menginap di pulau ini, anda tidak perlu khawatir karena disini telah tersedia 18 bungalow yang siap anda gunakan dengan tarif sewa yang sangat murah yaitu kisaran 300rb permalam. Dengan menyewa bungalow, anda akan terbebas dari biaya sewa kapal, sungguh menyenangkan bukan? Bungalow-bungalow  yang sangat sederhana dan menghadap ke pantai menambah kenyamanan anda selama menginap disini. Namun perlu anda ketahui bahwa di pulau ini belum ada pasokan listrik dari PLN, sehingga pihak pengelola bungalow hanya menggunakan genset dengan daya yang terbatas. Jadi, jangan kaget apabila listrik hanya akan dinyalakan dari pukul 18.00 – 22.30 waktu setempat, dan selebihnya anda akan menikmati suasana keheningan dan kesunyian yang menyelimuti pulau ini. Tidak salah apabila pulau ini cocok dijadikan pilihan bagi anda yang ingin mencari ketenangan dan menjauh dari hiruk pikuknya dunia luar. Namun karena keterbatasan bungalow yang ada di pulau ini, maka anda tidak bisa tinggal berlama-lama di pulau ini, maksimal tiga hari kunjungan. Pada musim liburan sekolah dan liburan musim panas bagi pelajar di luar negeri, pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang ingin menenangkan diri dengan kehidupan yang seadanya, kehidupan yang jauh dari kesan modern.

 

seraya3.jpg

 

Pesona wisata di pulau seraya bisa anda rasakan ketika kapal yang membawa anda telah mendekati pulau ini dimana lautan bening sebening kaca dengan biota laut yang beraneka ragam terlihat dengan jelas. Dan keindahan tersebut akan makin terasa ketika anda telah menapakkan kaki di pantai dimana ikan-ikan yang ada di dalam air sibuk mengelilingi kaki anda tanpa adanya perasaan takut. Dan yang lebih menarik lagi, saat air laut surut, anda bisa melangkahkan kaki anda sejauh kurang lebih 500 meter menuju tengah laut. Karena saat air laut surut, tinggi permukaan air hanya sebatas paha orang dewasa saja. Sungguh luar biasa bukan? Jadi, tunggu apalagi, masukkan wisata pulau seraya ke dalam list liburan anda dan keluarga.



#2 moonlight

moonlight

    Senang Jalan Jalan

  • Members
  • PipPipPip
  • 417 posts
16
Great

Posted 26 July 2013 - 04:56 PM

namanya serem tapi pantainya cakep 



#3 Shinta Retty Ratnasari

Shinta Retty Ratnasari

    Baru Bergabung

  • Members
  • Pip
  • 4 posts
0
Neutral

Posted 19 September 2014 - 02:59 PM

@rhiennee ada nomer yg bisa dihubungikah untuk menyewa bungalow di seraya




0 user(s) are reading this topic

0 members, 0 guests, 0 anonymous users

Selamat Datang di Komunitas Jalan Jalan


Sign In  Log in with Facebook Log in with Twitter

Create Account
Selamat datang di Jalan2.com :D , Ayo Bergabung sekarang dan dapatkan Manfaat dari komunitas ini,

Dengan Bergabung kamu bisa :
  • Nanya2 & Sharing Pengalaman Jalan Jalan Kamu
  • Kenalan Sesama Regional Kota Kamu
  • Nge-Blog & Mendapatkan Pembaca2 yg hobi Jalan Jalan
  • Ikuti topik topik yg kamu sukai dan mendapatkan Update
  • Ikut Gathering2 & Dapatkan teman2 baru
  • Share foto2 & pengalaman travel kamu atau
  • Ayo Bergabung Sekarang Juga :D